Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan (Kalsel) Zainal Helmi menegaskan jangan sampai ada atlet menjadi wartawan hanya untuk ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII tahun 2022.

"Ini yang kerap menjadi kekhawatiran kita bersama, ada peserta di luar wartawan ikut bertanding," kata dia di Banjarmasin, Sabtu.

Menurut dia, Porwanas sejatinya ajang silaturahmi bagi insan pers seluruh Indonesia yang dibalut pertandingan olahraga.

Untuk itulah, diharapkan tak dikotori oleh upaya menghalalkan segala cara agar menang alias meraih prestasi.

Helmi pun mengapresiasi panitia Porwanas tahun ini yaitu PWI Jawa Timur selaku tuan rumah yang lebih memperketat persyaratan setiap kontingen.

Seperti wajib menyertakan kartu Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan terverifikasi Dewan Pers selain bernaung di media resmi.

"Mari kita sukseskan Porwanas tahun ini dengan menjunjung tinggi sportivitas sembari mempererat tali persaudaraan sesama jurnalis," ucap dia didampingi Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kalsel Irwansyah.

Kontingen Porwanas PWI Kalsel beranggotakan 120 orang mengikuti sembilan cabang olahraga kecuali sepakbola dari 10 cabor dipertandingkan yaitu bridge, catur, tenis meja, tenis lapangan, bulutangkis, sepak bola, e-sport, biliar, atletik, dan futsal di Malang Raya, Jawa Timur mulai 21 hingga 27 November 2022.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022