Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 1.814 atlet dari 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan bakal memperebutkan 655 medali dalam gelaran Pekan Olahraga Daerah (POPDA) Kalimantan Selatan 2016.


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel Mohandas di Banjarmasin Senin mengatakan, POPDA Kalsel 2016 mulai digelar pada 24 Maret dan berakhir pada 31 Maret 2016.

"Pertandingannya sudah dimulai sejak 24 Maret 2016, namun baru dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor saat ini, yang ditandai dengan tendangan bola di stadion 17 Mei Banjarmasin," katanya.

Popda tahun ini, tambah dia, mempertandingkan delapan cabang olahraga yaitu, bola basket, bola Voli, bulu tangkis, pencak silat, sepak takraw, tenis lapangan, sepak bola dan tenis meja.

Menurut Mohandas, pelaksanaan Popda ini, sebagai ajang untuk seleksi Pekan Olahraga Wilayah (POPWIL) 2016 yang akan di gelar di Jogjkarta.

Sebanyak 655 medali yang diperebutkan di delapan cabang olahraga tersebut, terdiri dari 163 emas, 163 perak dan 326 perunggu.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengatakan, pelaksanaan POPDA ini sebagai ajang pembinaan generasi muda Kalsel sekaligus sebagai filter penanggulangan bahaya narkoba.

Selain itu, tambah dia, melalui olah raga, diharapkan akan mampu meningkatkan kebersamaan pemuda, serta meningkatkan sportifitas pemuda.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, kini terus berupaya meningkatkan prestasi olahraga daerah, antara lain dengan perbaikan dan pembangunan sarana prasarana olahraga.

Diharapkan, upaya tersebut akan mampu mengalihkan perhatian pemuda, untuk mendapatkan kegiatan-kegiatan yang lebih positif, sehingga terhindar dari bahaya peredaran narakoba.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016