Tim cabang olahraga takraw pelajar Provinsi Kalimantan Selatan hanya mampu meraih medali perak di Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) zona III tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan.

Gelar final cabang olahraga takraw antara Kalsel dan Jawa Tengah Pra Popnas zona III dilangsungkan di Gedung SKB Mulawarman Banjarmasin, Senin.

Tim takraw pelajar Kalsel harus mengakui ketangguhan tim takraw Jateng yang menang mutlak skor 2-0.

Tim takraw pelajar Jateng Vs tim takraw pelajar Kalsel pada tanding  pertama menang dengan skor 21-08 dan 21-15, kemudian tanding kedua menang 21-14 dan 21-14.

Meski kalah, tim takraw pelajar Kalsel yang meraih medali perak tetap masuk untuk Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) ke-16 tahun 2023 yang dilaksanakan di Sumatra Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara itu, untuk peraih medali perunggu didapatkan tim takraw pelajar dari Provinsi Banten setelah mengalahkan tim takraw pelajar dari Provinsi Bali dengan skor 2-1.

Meski hanya meraih medali perak, pelatih tim takraw pelajar Kalsel Pra Popnas Kalsel Naharuddin tetap bangga pada anak-anak didiknya yang sudah menorehkan prestasi ini.

"Ini capaian yang sudah luar biasa, sebab persiapan kita hanya satu bulan untuk Pra Popnas ini," ujarnya.

Apalagi, kata dia, timnya tetap lolos ke Popnas 2023, hingga ada kesempatan lagi untuk meraih prestasi yang lebih tinggi di ajang lebih bergengsi tersebut.

"Setelah ini kita lakukan evaluasi dan persiapan serius ke Popnas 2023," ujarnya.

Ketua Pengprov Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI)  Provinsi Kalsel H Puar Junaidi yang menyaksikan langsung final antara Kalsel dan Jateng menyatakan tetap mengapresiasi atas talenta muda atlet daerahnya yang sudah berjuang luar biasa.

Dia mengakui, kualitas cabang olahraga takraw Jateng lebih unggul dari Kalsel, namun demikian Kalsel sudah bisa sejajar dengan daerah lainnya seperti Banten, Yogyakarta dan Bali.

"Dengan perhatian dan pembinaan yang serius kita optimis nantinya bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Adapun Pra Popnas zona III di Kalsel ini diikuti tujuh provinsi, yakni, Kalsel, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bali, Banten, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Sebanyak delapan cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni, bola basket, bola voli, bulutangkis, pencak silat, sepakbola, sepak takraw, tenis dan tinju.



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022