Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalsel menjalin kerjasama dengan PT Darma Henwa TBK untuk pemenuhan tenaga kerja.

Kerjasama Poliban dengan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan di Kabupaten Tanah Laut dan Tanah Bumbu Kalsel tersebut dijalin dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU di kampus Poliban di Banjarmasin, Selasa.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) itu dilakukan langsung oleh Direktur Poliban Joni Riadi dan Superintendent Recruitment PT Darma Henwa TBK, Widyatmiko.

Penandatanganan ini disaksikan jajaran manajemen Poliban, HRD Site Kintap dan HRD Site Asam Coal Project Darma Henwa TBK.

Kerjasama ini langsung diwujudkan PT Darma Henwa TBK dengan melakukan kegiatan rekrutmen tenaga kerja selama enam hari di Kampus Poliban. 

Diinformasikan sebanyak 150 orang alumni Poliban yang mengikuti tes rekrutmen ini dan beberapa juga ada dari kampus luar Poliban.

Superintendent Recruitment PT Darma Henwa TBK, Widyatmiko menyatakan, kerjasama dengan Poliban ini cukup strategis dan akan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Menurut dia, dengan kolaborasi yang semakin baik antara industri dengan akademis akan menciptakan generasi-generasi penerus yang memang dibutuhkan perusahaannya.

"Kualitas SDM sesuai dengan tuntutan industri yang ada di Indonesia bahkan di dunia," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Poliban Joni Riadi menyampaikan, kerjasama ini sesuai harapan dan arahan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi.

Di mana, paparnya, politeknik sebagai pendidikan vokasi untuk selalu berkolaborasi dengan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja. 

"Kami berharap melalui rekrutmen ini khususnya PT  Darma Henwa TBK juga bisa memberikan masukan untuk kurikulum kami dan juga bisa sebagai dosen praktisi nantinya di Poliban," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022