Pecatur muda asal Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan, Nishfa Dayyana Rahmah meraih medali perak di Kejuaraan Catur 'Asian Youth Chess Championships 2022'

Kejuaraan yang dilaksanakan di The Grand Inna  Hotel Kuta - Denpasar – Bali 13 – 22 Oktober 2022 diikuti sebanyak 20 negara Asian.

"Mengikuti event tingkat Asian ini menjadi ' tugas rumah'  juga bagi saya selalku pelatih dan  bagi Nishfa harus lebih giat berlatih dan menambah jam latihan," ujar Pelatih Internasional/FIDE Instuctur Kabupaten HSU Ahmad Raihan Hasa di Bali  Senin (24/10/22).

Meski demikian Raihan mengaku sangat bangga atas prestasi Nisfha yang ia harapkan bisa memotivasi atlet catur HSU khususnya dan atlet cabang olahraga lainnya agar semakin giat berlatih dan menimba pengalaman bertanding.

Disampaikan, Nisfha meraih prestasi ini bersama Tim Garuda Kelompok Umur (KU) Grup 14 Puteri Indonesia,
meski tak semulus bermain di tiga kelas  individu yakni dikelas catur standar, catur cepat (Rapid Chess) dan catur kilat (Blizt Chess).
 
Nisfha bersama sang Ayah Ahmad Raihan Hassa yang merupakan pelatih catur Internasional asal Kabupaten HSU pada Asian Youth Chess Championships 2022', di Bali, Minggu (23/10/22) (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Raihan berharap para atlet yang berprestasi agar mendapat perhatian yang baik dari pemerintah daerah sehinggga potensi mereka tidak kandas di tengah jalan.

Bagi Nisfha sendiri , menjadi Duta Indonesia di ajang kejuaraan tersebut sudah sangat membanggakan dan berharga karena mendapat ilmu dan pengalaman yang tidak didapat di ajang lokal.

"Pengalaman berharga buat saya, karena pemain yang saya hadapi semuanya berkelas, bahkan teori catur dan pengalaman tanding yang mereka miliki jauh diatas saya," kata Nishfa. 

Dtanya lawan bertanding yang sulit ia hadapi, Nisfha menjawab pecatur dari Vietnam, Mongolia, Kazakstan dan India merupakan lawan bertanding yang berat, karena mereka memiliki persiapan dan skil individu yang sangat baik. 

"Saya sangat bahagia, walaupun dalam Catur Perorangan kelompok G14 Puteri saya belum bisa berhasil menyumbangkan Medali Untuk Merah Putih, akan tetapi kebahagian itu dapat tertebus, karena di Tim Garuda KU G14 Puteri raih Medali Perak pada kelompok beregu," terangnya. 

Nisfa berjanji akan lebih giat dalam berlatih, serta mempersiapkan diri lebih mantap lagi, terutama dalam opening, medle game dan and game. Saya juga harus banyak menganalisa langkah langkah baru serta perkembangan teori catur yang semakin hari hari semakin maju.

Nishfa sendiri menjadi satu satunya Atlet Catur Provinsi Kalimantan Selatan dan bersama.sekita 100 atlet catur se Indonesia  terpilih mewakili Negara Indonesia di Kejuaraan Catur 'Asian Youth Chess Championships 2022'.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022