Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Banjarbaru menambah layanan yang diberikan gratis kepada masyarakat terutama pasangan yang hendak menikah dengan menyiapkan balai nikah di tempat tersebut.
 
Layanan baru yang diluncurkan Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin di kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS), Senin adalah bagian dari gerai Kementerian Agama setempat.
 
"Gerai Kementerian Agama yang kami resmikan hari ini bertujuan memudahkan masyarakat terutama yang ingin menikah, sehingga bisa langsung datang ke balai nikah yang disiapkan," ujar wali kota.
 
Menurut wali kota, gerai Kemenag itu menambah jumlah layanan di MPP yang sudah memiliki 15 layanan dan akan bertambah seiring masuknya berbagai pihak lain di kantor yang disulap seperti sebuah mal itu.
 
Peluncuran gerai Kementerian Agama sendiri dihadiri langsung Kepala Kemenag Kalsel M Thambrin yang didampingi jajaran Kemenag Banjarbaru sekaligus meresmikan layanan nikah gratis dan haji.
 
"Kami berterima kasih kepada wali kota dan jajaran yang menyediakan ruang sehingga bisa melayani baik bagi masyarakat yang ingin menikah maupun mengurus keberangkatan haji," ucapnya usai acara.
 
Sementara, Kepala Dinas PMPTSP Kota Banjarbaru Rahmah Khairita mengatakan, pihaknya menyiapkan balai nikah di aula Nadjmi Adhani yang berada di lantai 2 gedung dan bisa dimanfaatkan masyarakat.
 
"Kami menyiapkan ruangan balai nikah bagi mereka yang berkeinginan menikah di sini sehingga mereka bisa lebih mudah melangsungkan pernikahan setelah semua syarat lengkap dan selesai," kata dia.
 
Usai peresmian gerai, wali kota bersama Kepala Kemenag Kalsel menjadi saksi nikah bagi pasangan tuna netra Nuridin dan Mardiah yang melangsungkan pernikahan di balai nikah tersebut.
 

 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022