Para santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Rasyidiah Khalidiyah (Rakha) Amuntai menyelesaikan pembacaan (khattam) Al-Qur'an sebanyak 500 kali untuk dihadiahkan pahalanya bagi para pendiri ponpes yang sudah wafat 

Kegiatan khattam Qur'an dalam rangkaian peringatan satu abad berdirinya Ponpes Rakha sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Kta disunahkan menghafalkan Al- Quran oleh para mahasiswa dan santri serta para alumni yang  sampai hari ini sudah khattam sebanyak  500 kali yang pahalanya dihadiahkan kepada pendiri Pondok Pesantren yang sudah wafat, " ujar Ketua Panitia  sekaligus Rektor Sekolah Tinggi Ilmu Alquran (STIQ) Rakha H Abdul Hasib Salim di Amuntai, Selasa.

Hasib mengatakan, kegiatan khattam Al-Qur'an dilaksanakan santri secara bergantian hingga mencapai 500 kali khattam ditambah pembacaan zikir atau tahlil 

Ia bersyukur berbagai rangkaian kegiatan memperingati satu abad berdirinya Ponpes Rakha hingga hari ini berjalan lancar. Berbagai tokoh/ ulama/ustadz terkemuka juga dihadirkan diantaranya dalam rangka Tabliq Akbar dan penggalangan dana seperti menghadirkan H Rhoma Irama, Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Nur Maulana.
 
Rektor I STIQ Rakha HA Hasib Salim dan pengurus Ponpes Rakha Memperingati Maulid Nabi di Aula Mesjid Rakha, Selasa (11/10/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus Khataman 500 kali Al Qur'an dan Tahlilan yang digelar di Ruang Induk Masjid Ponpes Rakha, Selasa (11/10/2022) 

Acara diikuti ribuan santri diisi pembacaan syair-syair maulid, ayat suci Al Qur'an, doa bersama serta tausiyah yang disampaikan  Ketua Umum Yayasan Ponpes Rakha, Al Mukarram KH. Ahmad Husen Nafarin, Lc. 

Dalam tausyiahnya, Nafarin menghimbau  seluruh para santri agar senantiasa menjaga tiga hal ini, yaitu sholat berjamaah, bersedekah dan menjaga silaturahmi. 

"Jangan lupa memperbanyak Sholawat agar hidup menjadi berkah," katanya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022