Tim Satuan Tugas Pelayanan Publik (Satgas Yanlik) Mall Pelayanan Publik (MPP) Barito Kuala (Batola) diketuai Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor lakukan studi tiru ke MPP Kabupaten Badung Provinsi Bali,  Kamis (6/10/2022).

Dalam studi tiru ini Satgas Yanlik melakukan studi tiru dalam rangka penyempurnaan layanan MPP Batola, 
Studi tiru ke MPP Kabupaten Badung di komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Badung. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Badung I Made mengatakan,  MPP Badung memiliki 141 layanan berbeda dari 24 instansi pemerintah, BUMD/N maupun swasta. 

Layanan tersebut, sebut dia,  antara lain layanan perizinan, paspor, SIM, BPJS, perpajakan, pertanahan, kejaksaan, pelayanan ticketing dari Garuda Indonesia, perbankan dari BRI, dan lainnya.

"Saya mewakili Bupati Badung mengucapakan selamat datang di MPP Badung. Terimakasih saya ucapkan menjadikan MPP Badung sebagai referensi studi banding," ungkap I Made.

Mendagri Tito Karnavian pada januari 2022 lalu, menurut I Made, pernah berkunjung dan menyebut MPP Badung salah satu yang terbaik dan layak menjadi referensi bagi daerah lain yang sedang membangun MPP. 

Sementara, Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas sambutan yang sangat baik oleh Kepala DMPTSP Badung beserta jajaran.

"Terimakasih kami telah di terima dengan baik oleh pak kadis beserta jajaran. Banyak pelayanan di MPP Badung bisa kita tiru maupun jadi inspirasi bagi MPP Batola," jelas ketua PMI Batola ini.

Dia menjelsskan,  kemungkinan tidak seluruh fasilitas maupun layanan bisa ditiru, mengingat APBD Kabupaten Badung cukup besar.

"Kabupaten Badung diberkahi sumber daya alama begitu indah, sehingga sektor pariwisatanya dapat maju dan menjadi pemasukan besar bagi APBD," ungkapnya. 

Ditambahkan, Sekretaris Daerah Batola Zulkipli Yadi Noor, beberapa hal bisa ditiru, mulai dari budaya melayani yang diterapkan hingga sistem informasi dalam aduan masyarakat maupun sistem informasi digunakan.

"Budaya melayani dalam penyelenggaraan pelayanan publik di MPP Badung ini patut kita tiru," ungkap Sekda.

Sekda berharap, seluruh anggota tim banyak mendapatkan ilmu dan wawasan dalam pengembangan MPP Batola yang telah diuji cobakan pada Denin 29 September lalu.

Pada rombongan Satgas itu juga diikuti Wakil Ketua sekaligus Sekretaris Daerah Batola Zulkipli Yadi Noor, Kepala Dinas DPMPTSP Batola Abrar, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Batola Akhmad Wahyuni, Kepala Rumah Sakit Abdul Aziz Marabahan dr Fathurrahman, Sekretaris DPMPTSP Batola Herwina Rezeki dan para staff dan anggota Satgas Yanlik Batola. 
 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022