Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanah Bumbu, menggelar pembinaan dan pelatihan pengelolaan sampah organik dan anorganik kepada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Batulicin untuk bisa mandiri setelah bebas nanti.

Kepala DLH Tanah Bumbu Rahmad Prapto Udoyo melalui Kepala Bidang PSLB3 Indah Maya Suryanti di Batulicin Selasa mengatakan, pelatihan tersebut dilaksanakan atas kerjasama antara pemerintah daerah dengan Lapas Kelas III Batulicin terkait bantuan pengelolaan limbah di lingkungan Lapas.

"Ada 12 orang dari 269 penghuni yang mengikuti pelatihan tersebut, dan dilaksanakan sebanyak dua kali  pada 3 dan 7 Oktober 2022," kata Indah.

Ia mengatakan, para peserta dibina mengolah sampah organik menjadi kompos padat, bahannya dari sampah dedaunan dan rumput di sekitar area Lapas, pengelolaan sampah organik menjadi kompos cair, yaitu dari sampah sisa makanan di ruang napi dan kantin pegawai.

Selain itu cara melakukan pemilahan sampah anorganik yang bernilai ekonomis seperti kemasan botol plastik, gelas platik, kardus bekas makanan yang dihasilkan dari aktifitas di Lapas maupun dari kunjungan keluarga napi serta kertas dari aktifitas kantor dan lainnya. 

Sampah yang terpilah akan dibeli oleh pengepul terdekat atau Bank Sampah Induk (BSI) DLH.

"Hal ini tentunya sejalan dengan rencana pimpinan Lapas yang akan memanfaatkan lahan pekarangan di sekitar Lapas  untuk menanam sayuran. Nantinya kompos yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesuburan tanaman tersebut, dan hasilnya dapat dinikmati oleh penghuni Lapas itu sendiri," ujarnya. 

Sedangkan dari sisi pengelolaan sampah anorganik, jika pemilahan sampah dapat dilakukan secara berkelanjutan maka nantinya akan dapat menjadi penghasilan tambahan bagi warga binaan.

"Harapan kedepannya dengan pelatihan ini, warga binaan mendapatkan ilmu yang berguna dan saat masa tahanan mereka berakhir bisa menjadi bekal untuk mata pencaharian saat sudah berbaur kembali dengan masyarakat," pungkasnya.
DLH bina warga binaan Lapas Batulicin untuk bisa mandiri (Antaranewskalsel/Sujud)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022