Bupati Tanah Bumbu H. M Zairullah Azhar mencanangkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan melakukan 3M plus yang dipusatkan di Desa Sejahtera Kecamatan Simpang Empat.

Gerakan 3M tersebut yakni membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

"Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya," kata Zairullah di Batulicin Rabu.

Yang ketiga yakni memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

Adapun gerakan plus nya adalah menaburkan bubuk abate pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk dan  kelambu saat tidur.

Bupati meminta kepada seluruh masyarakat "Bumi Bersujud" dapat meningkatkan kesadaran diri terkait kebersihan lingkungan untuk menghindari adanya sarang nyamuk dan timbulnya suatu penyakit.

"Mari kita sama-sama menjaga diri dan lingkungan agar tetap bersih, karena kebersihan adalah sebagian dari iman," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022