PT Indocgement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun, Kabupaten Kotabaru bersama Satlantas Polres Tanah Bumbu menggelar pelatihan tanggap bencana dan keselamatan berlalu lintas kepada pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK).

"Sebanyak 59 pelajar dan enam tenaga pengajar yang mengikuti kegiatan tersebut, mereka dari SMKS Kodeco Simpang Empat, SMKS Tunas Bangsa Batulicin dan SMK Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu," kata General Manager Operation Indocement Retnawan Widhiantoro Melalui SHECSR Manager H Teguh Iman Basoeki di Kotabaru, Rabu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pilar pendidikan CSR Indocement dan Employee Voluntering (HR) serta vokasi Indocement guna mendukung program pemerintah melalui tanggap kebencanaan yang bersinergi dengan Satlantas Polres Tanah Bumbu.

Ini wujud kontribusi dan langkah nyata perusahaan terhadap masyarakat dalam hal peningkatan kompetensi di bidang K3 dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) masyarakat khususnya siswa SMK di Kabupaten Tanah Bumbu.

"Kegiatan ini digelar juga sebagai salah satu rangkaian Safety Week 2022 Indocement," ujar Teguh.

Sementara itu, koordinator kegiatan Tim Safety Indocement Sudirman Noor menambahkan, para peserta juga mendapatkan pendalaman on the job training (OJT) secara langsung, cara memadamkan api saat terjadi kebakaran menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) dan alat tradisional menggunakan selimut dan karung basah. 

"Kegiatan yang dilaksanakan ini tentunya dapat memberikan edukasi yang baik kepada siswa dan tenaga pengajar di sekolah," tuturnya.

Dikatakannya lebih jauh, materi kegiatan yang disampaikan berupa pengetahuan K3/Safety seputar potensi dan upaya pencegahan, penanggulangan dini resiko potensi bahaya kebakaran, kesiagaan tanggap darurat/emergency response dan penanggulangan bencana serta keselamatan berkendara (Safety Riding)

Sementara, Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Tri Hambodo, SIK Melalui Kanit Kamsel Satlantas Polres Tanah Bumbu, Aiptu Mary Siswanto Setiawan selaku permateri, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas sinergitas pihak Indocement mendukung kegiatan yang diselenggarakan dan memberikan kesempatan Satlantas Polres Tanah Bumbu sebagai permateri pembekalan keselamatan berkendara kepada para pelajar dan tenaga pengajar SMK di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan sosialisasi ini juga sebagai sarana edukasi pendidikan masyarakat berlalu lintas (Dikmas Lantas) tentang pentingnya disiplin berlalu lintas ini kepada pelajar sebagai sarana edukasi, ungkap Mary 

"Diharapkan juga melalui program yang diinisiasi perusahaan ini dapat terus berlanjut kedepannya dalam memberikan pencerahan bagi para pelajar sebagai edukasi dan kegiatan positif guna mendorong siswa menjadi lebih peduli terhadap keselamatan berkendara dan tertib berlalulintas," pungkasnya.
Indocement Tarjun gandeng Polres Tanbu latih pelajar tanggap bencana dan keselamatan berlalulintas (Antaranewskalsel)

Pewarta: Aqsin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022