Festival Beduk guna menyemarakan bulan Ramadhan yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar, Senin malam berlangsung meriah.


Ratusan anggota masyarakat tampak memadati tempat yang dijadikan pusat kegiatan dan mereka saling memberikan dukungan terhadap peserta yang merupakan group andalannya.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman gedung Pemuda Barakat Martapura dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Nasrun Syah ditandai dengan pemukulan beduk untuk memulai event tahunan itu.

"Kami sangat gembira karena kegiatan ini mampu menarik perhatian masyarakat dan diharapkan berjalan sesuai tujuannya yakni menyemarakan bulan Ramadhan," ujar sekda.

Menurut dia, festival beduk yang dilaksanakan merupakan ajang mengadu kreasi bagi generasi muda menyalurkan bakatnya sebagai bagian dari budaya Kota Martapura yang dikenal sebagai kota Serambi Mekkah.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar Syahda Mariadi mengatakan, kegiatan diikuti 14 group se Provinsi Kalimantan Selatan dan akan keluar 6 group untuk mengikuti grand final.

"Grand final rencananya dilaksanakan pada malam Idul Fitri diikuti 6 group yang berhasil lolos pada babak penyisihan dan diharapkan pelaksanaannya berjalan lancar," ujarnya.

Dikatakan, pelaksanaan festival beduk tahun depan direncanakan tiga hari sebelum Ramadhan dirangkai sebagai kegiatan menyambut datangnya bulan suci bagi umat muslim tersebut.

Ditambahkan, bertepatan malam Idul Fitri itu pula, pihaknya bekerjasama dengan PHBI Kabupaten Banjar menggelar takbir keliling kota sehingga kegiatan takbiran berlangsung tertib karena terkoordinir. yoz/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011