Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, Rabu (7/9), menyampaikan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2022 dengan mengutamakan kebutuhan pelayanan dasar masyarakat.

Paman Birin, sapaan Gubernur Kalsel itu,  mengatakan perubahan APBD dimungkinkan jika terjadi perkembangan tidak sesuai kebijakan umum, terdapat keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antarunit organisasi, antarkegiatan, antarjenis belanja, serta keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya harus digunakan pembiayaan dalam tahun anggaran berjalan.

Proses penyusunan perubahan APBD, lanjut Paman Birin,  berpedoman pada perubahan RKPD, perubahan kebijakan umum APBD, serta perubahan prioritas plafon anggaran sementara APBD 2022.

Perubahan APBD 2022 diharapkan dapat meningkatkan kualitas, serta efisiensi keuangan daerah dalam membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat.

"Melalui perubahan ini dapat disesuaikan kebutuhan pembiayaan pembangunan, setelah terpengaruh cukup besar oleh pandemi Covid 19, selama dua tahun terakhir ini," ujarnya.

"Pandemi Covid-19 yang terus terkendali, membuat keuangan daerah  bisa lebih fokus terhadap pengalokasian anggaran untuk mendukung program dan kegiatan yang berdampak langsung terhadap masyarakat, pemulihan ekonomi, peningkatan daya saing daerah, peningkatan SDM, termasuk anggaran yang dialokasikan untuk menyukseskan MTQ Nasional XXIX Oktober nanti," terang Paman Birin.
Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor menyampaikan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2022 di gedung DPRD Kalsel, 7/9/2022. (Antara/Istimewa)


Dengan komposisi perubahan APBD 2022 pula, ungkap Paman Birin permasalahan kesehatan dan sosial kiranya juga bisa ditangani dengan baik.

 Layanan kesehatan ditingkatkan dan dapat menekan dampak sosial seperti kemiskinan dan pengangguran secara maksimal dan berkelanjutan.

"Mudah-mudahan, perubahan APBD tahun anggaran 2022 ini memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat dan keberlanjutan pembangunan di Kalimantan Selatan," ujar Paman Birin di akhir sambutannya.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022