Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) menginginkan modernisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di provinsinya yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota.

Ketua Komisi IV yang juga membidangi pendidikan, HM Lutfi Saifuddin SSos mengemukakan keinginan itu di Banjarmasin, sebelum bertolak mengadakan studi komparasi ke DKI Jakarta, Kamis (25/8/22).

Menurut anggota DPRD Kalsel dua periode tersebut, modernisasi sekolah menengah kejuruan itu antara lain terkait dengan sistem digital.

"Apalagi ke depan akan menerapkan kurikulum Merdeka sehingga sistem digital merupakan keniscayaan guna modernisasi,"  wakil rakyat dari Partai Gerindra tersebut.

"Dalam sistem digital kita masih ketinggalan. Padahal sistem digital salah satu prasyarat untuk mencapai kemajuan," lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin itu.

Alasan memilih DKI Jakarta sebagai sasaran studi komparasi modernisasi sekolah menengah kejuruan di antaranya karena mereka sudah maju dalam digitalisasi dan menjadi banyak sebagai rujukan provinsi lain 

"Kita berharap, dari hasil studi komparasi tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan buat memajukan atau memodernisasi sekolah menengah kejuruan di Kalsel," demikian Lutfi Saifuddin.

Kunjungan kerja (Kunker) Komisi IV, 25 - 27 Agustus 2022 tersebut menyertakan Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022