Batulicin (Antaranews Kalsel) - Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menfungsikan kembali dermaga lama yang beberapa pekan terahir dalam perbaikan.


"Dermaga tersebut merupakan dermaga andalan untuk mendukung pengoperasian kapal fery penyeberangan yang membuka pelayaran Kabupaten Kotabaru-Kabupaten Tanah Bumbu," kata Kepala ASDP Cabang Batulicin Daniel melalui Manajer Usaha Marsadik di Batulicin, Selasa.

Saat dermaga tersebut dilakukan perbaikan maka aktifitas bongkar muat penumpang kapal fery dialihkan dari dermaga satu ke dermaga dua, sehingga aktivitas pelayaran untuk melayani penumpang dan kendaran tetap terlayani dengan baik.

"Kondisi dermaga sudah tidak memungkinkan untuk dijadika bongkar muat penumpang, sehingga perbaikan sangat dibutuhkan dan saat ini perbaikan sudah rampung dan bisa di fungsikan kembali," tuturnya.

Selain melakukan perbaikan, ASDP juga melengkapi fasilitas umum yang ada di area pelabuhan, seperti ruang tunggu penumpang yang dilengkapi dengan hiburan seperti televisi, WC dan kantin dan tempat ibadah atau Mushola.

Tujuan dilengkapinya fasilitas dan pelayanan, diharapkan penunmpang merasa puas tanpa harus merasa jenuh atau bosan saat menunggu keberangkatan.

Selain itu lanjut Marsadik, untuk meningkatkan kualitas kerja ASDP dalam memberikan pelayana terhadap masyarakat maka kami menerapkan dan mempercepat jadwal pelayaran dari Tanjung Serdang ke Pelabuhan Batulicin.

"Dengan diberlakunya panambahan jadwal pelayaran kapal dari Tanjung Serdang, maka sebagian kapal akan disiagakan di pelabuhan Tanjung Serdang, sehingga keberangkatan penumpang di pelabuhan Tanjung Serdang bisa berangkat pada waktu yang sama tanpa harus menunggu kedatangan kapal yang ada di pelabuhan Batulicin," jelasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016