Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Balangan gencar untuk melakukan vaksinasi kepada penduduk di dusun terpencil di Kabupaten Balangan. 

Ketua Adat wilayah Desa Binuang Santang, Gapure menyampaikan terima kasihnya atas kehadiran tim vaksinasi dari BIN dan dinas terkait yang memberikan pelayanan kesehatan dan vaksinasi COVID-19 bagi warga Dusun Libaru Sungkai, Desa Binuang Santang, Kecamatan Halong.

"Kedatangan tim vaksinasi ke tempat kami menggambarkan bentuk pelayanan mereka yang luar biasa, hingga ke wilayah terpencil seperti tempat kami ini," kata Gapure di Paringin, Rabu.
Petugas kesehatan saat melakukan vaksinasi kepada warga Dusun Libaru Sungkai, Desa Binuang Santang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Rabu (17/8/2022).

Sementara Kepala BIN Daerah Kalsel, Brigjen Pol Dr Heri Armanto, menjelaskan pihaknya tidak bisa hanya mengandalkan satu institusi saja tetapi semua komponen harus bergerak bersama-sama untuk menyukseskan program vaksinasi COVID-19 ini.

Pihaknya sendiri hingga sekarang terus gencar memberikan fasilitas dan pelayanan agar vaksinasi COVID-19 terus berlanjut, sebagai upaya mendukung rencana pemerintah untuk mendorong transisi pandemi ke endemi.

Dia menambahkan, pada kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, masyarakat terpencil juga sangat antusias berdatangan untuk memeriksakan kesehatan serta melakukan vaksinasi. 

Diketahui, kawasan tersebut merupakan wilayah terpencil di Balangan yang berada di lereng pegunungan meratus. Bahkan juga menjadi kawasan perbatasan. 

Tidak mudah untuk menjangkau daerah ini, jalan setapak dan melintas di jalur pegunungan membuat tim harus lebih ekstra mengerahkan tenaga. Dibutuhkan pula kemampuan berkendara yang mumpuni untuk bisa sampai ke tujuan. 

Dari ibu kota Kabupaten Balangan, yakni Paringin, jarak tempuh menuju Dusun Libaru Sungai bisa mencapai empat jam. Terlebih harus melewati medan pegunungan yang menantang dan hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022