Atlet National Paralympic Commite (NPC) Provinsi Kalimantan Selatan berhasil menorehkan sebanyak 36 medali di ajang ASEAN Para Games 2022 yang digelar pada 30 Juli--6 Agustus di Solo, Jawa Tengah.

Para atlet NPC Kalsel yang sudah mengharumkan nama Indonesia di kancah olahraga bergengsi disabilitas yang diikuti 11 negara se-Asia Tenggara tersebut pada Senin kemarin sudah kembali ke banua Kalsel.

Kedatangan mereka pun disambut suka cita hingga diarak keliling Kota Banjarbaru oleh Pengurus NPC Kalsel dan pihak Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel.

Ketua NPC Kalsel Ahmad Firdaus di Banjarmasin, Selasa, menyampaikan, kebanggaan atas prestasi para atlet NPC Kalsel tidak hanya mengharumkan nama negara tapi juga daerah Kalsel karena bisa menorehkan sebanyak 36 medali.

Dia merincikan medali yang diraih adalah 10 medali emas, 18 medali perak dan 8 medali perunggu.

Sebanyak 23 atlet asal Kalsel ikut bergabung mewakili Indonesia di cabang olahraga Atletik, Renang, Panahan, Menembak dan Sepak Bola CP. 

Meski pun sudah cukup banyak meraih medali itu, menurut Firdaus ini masih tidak memenuhi target medali emas.

"Beberapa nomor bisa dapat emas ternyata belum terpenuhi, karena bertanding dengan klasifikasi di bawah, sehingga kuota main poin, sehingga ada dua nomor yang prediksi emasnya lewat," katanya.

Ke depan atlet yang berhasil mengharumkan nama Kalsel dan Indonesia akan kembali diikutkan di ajang nasional dan internasional lainnya.

"Mungkin tahun 2023 kita lakukan latihan bersama," ujarnya. 

Adapun untuk bonus rencananya akan mereka usulkan melalui data peraih medali kepada Dispora Kalsel. 

"Kita harap hal itu menjadi pertimbangan untuk pemberian bonus," harapnya. 

Warmia, salah satu atlet NPC Kalsel peraih tiga medali emas di cabang olahraga atlek di ASEAN Para Games 2022 mengaku senang bisa mengharumkan nama negara dan daerahnya Kalsel. Apalagi dapat sambutan meriah dari masyarakat daerahnya di Kalsel.

"Ini pastinya menjadi motivasi saya untuk bisa berjuang lebih semangat lagi. Saya harap semangat saya juga bisa menjangkit ke teman-teman lainnya," kata dia.

Adapun atlet NPC Kalsel peraih medali emas pada ajang ASEAN para Games 2022 tersebut adalah Warmia sebanyak 3 emas pada cabang atletik tolak lempar, M Tauhidi Fatahillah sebanyak 2 emas cabang renang, Ahmad Fauzi sebanyak 2 emas pada cabang atletik tolak lempar.

Selanjutnya Setyo Budi Hartanto sebanyak 2 emas pada cabang atletik lari lompat dan Yahya satu emas pada cabang atletik tolak lempar.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022