Dulu, sebagian besar warga Kalimantan Selatan hanya bisa melihat di televisi yang namanya bus trans Jakarta sebagai angkutan umum moderen dan tidak terbayangkan akan ada yang sama di daerah mereka.

Tetapi sekarang mimpi untuk merasakan kemajuan transportasi umum dari negara itu sudah terpampang nyata, sejak mulai direalisasikannya program kota metropolitan di Kalimantan Selatan.

Program kota metropolitan, yang meliputi Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, dan Kabupaten Barito Kuala, dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2017,

Turunan peraturan itu dibuatlah skema layanan transportasi umum moderen yang terintegrasi kelima daerah tersebut, hingga muncullah dua jenis transportasi umum saat ini di Kalsel.

Dua jenis transportasi umum tersebut adalah Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula dengan warna biru dan Buy The Service (BTS) Trans Banjarbakula dengan warna kombinasi kuning hijau.

BRT Banjarbakula resmi beroperasi pada 14 Agustus 2019 atau saat dirayakannya HUT ke-69 Provinsi Kalsel.

Sedangkan BTS Trans Banjarbakula atau tertulis di badan busnya "Teman Bus" mulai resmi dioperasikan pada tanggal 22 Desember 2021.

Layanan kedua bus bantuan Kementerian Perhubungan RI ini sebenarnya sama untuk umum, namun untuk BRT Banjarbakula sudah ditetapkan tarif angkutan, yakni, Rp6.000 cash atau Rp5.000 jika pakai QRIS.

Sedangkan untuk layanan BTS Trans Banjarbakula masih ditetapkan gratis hingga saat ini tahun 2022.

Untuk BRT Banjarbakula ada 2 jenis bus, pertama bus dengan kapasitas minimum 16 penumpang dan maksimumnya 30 penumpang.

Sedangkan jenis kedua bus berkapasitas minimum 24 penumpang atau maksimumnya 35 penumpang.

Bus BTS Trans Banjarbakula juga ada 2 jenis, pertama jenis mikro dengan kapasitas minimum 15 penumpang dan maksimumnya 20 penumpang, kedua adalah medium dengan kapasitas minimum 25 penumpang sedang maksimumnya 38 penumpang.

BTS Trans Banjarbakula melayani 4 koridor, yakni koridor 1,2 dan 4 dari Terminal Tipe A Gambut Barakat di Kabupaten Banjar ke segala tujuan.

Sedangkan koridor 3 dari Terminal Tipe B Kilometer 6 Banjarmasin yang berada di Kota Banjarmasin.

Cakupan layanan per koridor, yakni koridor 1 melayani rute dari terminal Gambut Berkat hingga ke O Kilometer di siring Sudirman Banjarmasin.

Sedangkan koridor 2 melayani rute dari Terminal Gambut Barakat hingga ke Simpang 4 Banjarbaru.

Selanjutnya koridor 3 di Terminal km 6 Banjarmasin dengan rute  hingga ke Jalan Trans Kalimantan Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala.

Terakhir koridor 4 dari Terminal Gambut Barakat hingga Kantor Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut.

Sementara itu BRT Banjarbakula melayani tiga rute, yakni rute jalan A Yani dari  Banjarbaru dan Banjarmasin, rute Terminal Gambut Barakat di Jalan A Yani ke Kota Martapura, dan rute Terminal Gambut Barakat ke Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin.

Layanan transportasi umum moderen yang sudah dilengkapi banyak halte di sepanjang rutenya tersebut sejak pukul 05.00 Wita hingga 20.00 Wita setiap harinya.


Rasa Trans Jakarta

Menaiki BRT Banjarbakula dan BTS Trans Banjarbakula akan merasakan betul trasnportasi umum moderen seperti di kota besar lainnya, misalnya di ibu kota negara Jakarta, yakni Trans Jakarta.

Meskipun perbandingannya dengan bus Trans Jakarta jauh lebih kecil, tapi suasana di dalamnya tidak jauh beda, bahkan jika melihat sopirnya yang berseragam lengkap dengan topi khas.

BRT dan BTS Kalsel memiliki fasilitas tempat duduk penumpang yang hampir sama dimiliki Trans Jakarta, dilengkapi juga dengan fasilitas pegangan tangan di atas atap lorong untuk penumpang berdiri.

Menaiki BRT dan BTS Kalsel pun harus tertib, yakni masuk dari pintu depan dan ke luar dari pintu samping.

Setiap halte, BRT dan BTS Kalsel harus berhenti, meskipun tidak ada penumpang naik atau turun. Termasuk juga tidak menurunkan atau menaikkan penumpang di luar halte. Meskipun haltenya tidak semewah dan sebesar halte di Ibu Kota Jakarta.

Sopir BRT dan BTS Kalsel mengaku tidak boleh membawa bus itu melaju di atas 40 kilometer per jam, termasuk juga ngobrol dengan penumpang atau mengangkat telepon, karena di awasi langsung oleh CCTV.

Memang tidak seperti Trans Jakarta yang memiliki jalur khusus, BRT dan BTS Kalsel masih mengaspal bercampur dengan kendaraan lainnya, hingga bisa terkena macet.

Untuk operasional BRT dan BTS Kalsel diatur antara 15 sampai 20 menit beriringan di belakang, hingga para penumpang yang ingin menaikinya tidak menunggu terlalu lama.


Antusias penumpang

Sejak adanya BRT Banjarbakula dan BTS Trans Banjarbakula, masyarakat yang memanfaatkan jasa angkutan umum meningkat lagi, apalagi biayanya murah. Khusus BRT Banjarbakula Rp6.000, sedangkan untuk BTS Trans Banjarbakula masih gratis.

Dari catatan Terminal Tipe A Gambut Barakat di km 17 Jalan A Yani, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, yang di bawah pengelolaan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XV Kalimantan Selatan, per harinya penumpang yang menaiki BRT dan BTS Trans Banjarbakula sekitar 6.000 orang.

Para penumpang yang naik BRT dan BTS Trans Banjarbakula dikategorikan penumpang Antarkota Dalam Provinsi (AKDP), khusus di terminal Gambut Barakat tercatat pada bulan Juni 2022 untuk kedatangan totalnya 84.109 orang dan keberangkatan totalnya 82.245 orang.

Jumlah ini naik beberapa persen setiap bulannya, apalagi ada hari libur panjang, demikian juga pada libur akhir pekan, banyak warga bertamasya untuk menaiki bus tersebut.

Soalnya bisa mengelilingi kota secara gratis dengan transportasi nyaman.

Sebagaimana yang dinyatakan seorang ibu rumah tangga asal Banjarmasin bernama Nuryani beserta dua anaknya di akhir pekan bertamasya menaiki Bus BTS Trans Banjarbakula.

Naik dari Terminal Tipe B kilometer 6 Banjarmasin, mereka merasakan ramainya keliling kota hingga Terminal Tipe A Gambut Barakat km 17 Jalan A Yani Kabupaten Banjar, kemudian balik lagi ke asal mereka naik.

"Anak-anak senang dibawa jalan ikut bus Trans Banjarbakula, lagian gratis," ujar Nuryani.

Dia merasa fasilitas bus BTS Trans Banjarbakula sudah sangat baik, nyaman, hingga dia dan anaknya bersyukur bisa merasakan naik transportasi moderen tersebut, tidak hanya melihat di televisi saja.

"Kita hanya pernah liat bus seperti ini di TV saja adanya kan di Jakarta," ujarnya.


Trans Banjarmasin

Tidak hanya BRT Banjarbakula dan BTS Trans Banjarbakula yang melayani angkutan massal di Kalsel, khususnya di Kota Banjarmasin.

Pemerintah Kota Banjarmasin pun berinisiatif melayani warganya dengan meluncurkan Trans Banjarmasin atau lebih dikenal bus tayo (dari nama film kartun bus) pada 17 Februari 2020.

Trans Banjarmasin yang kini sudah memiliki 12 unit bus dan melani dua rute yang berintegrasi dengan rute BRT Banjarbakula dan BTS Trans Banjarbakula masih melayani masyarakat secara gratis.

Rute yang dilayani pertama dari Terminal km 6 menuju Pasar Antasari via Jalan Pramuka, Jalan Gatot Subroto, Jalan Achmad Yani dan Jalan Jati -Jalan Pangeran Antasari- pulang pergi.

Kedua, dari Pasar Antasari menuju Jalan Pangeran Samudera, Jalan Lambung Mangkurat, halte 0 kilometer, Jalan Keramaian, Jalan Tarakan, Jalan S Parman hingga Jalan Hasan Basry Kayutangi pulang pergi.

Bus yang lebih kecil dari BRT dan BTS Trans Banjarbakula ini pada 2021, menurut Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, tercatat melayani sebanyak 120.830 penumpang.

Tidak hanya Trans Banjarmasin angkutan umum moderen di Kota Banjarmasin, namun ada pula bus pariwisata milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Bus ini mangkal di objek wisata siring sungai Martapura di Jalan Sudirman atau 0 km untuk mengangkut wisatawan mengelilingi kota berusia 495 tahun tersebut.


Penyangga IKN

Provinsi Kalimantan Selatan yang sebentar lagi memasuki usia ke-72 pada 14 Agustus 2022 ini merupakan provinsi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) yang baru bernama Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur., provinsi tetangga Kalsel.

Sebagai kota yang memiliki luas sekitar 38.744,00 km² dengan populasi masyarakatnya sekitar 4 juta jiwa pada 13 kabupaten/kota, Kalsel tentunya harus bisa membangun segala fasilitas penunjang, termasuk sektor angkutan massal yang terintegrasi dengan IKN.

Gubernur Kalimantan Selatan Dr (HC) H Sahbirin Noor pun memastikan pembangunan sektor angkutan massal di provinsinya terus ditingkatkan, memperluas jangkauan pelayanan BRT Banjarbakula dan BTS Trans Banjarbakula hingga ke seluruh kabupaten/kota yang terintegrasi juga ke daerah IKN.

Paman Birin, sapaan akrabnya, yang memimpin Kalsel sejak periode pertama 2014-2019 dan periode kedua 2019-2024 ini memastikan pula, pemerintahannya terus melakukan perbaikan infrastruktur jalan maupun jembatan untuk memperlancar arus transportasi massal ke IKN.

Bahkan Gubernur Kalsel terus berupaya pula untuk merealisasikan adanya transportasi kereta api Kalsel dengan Kaltim, sebab perjalanan antar dua provinsi tersebut jika dilalui jalan darat menaiki bus dari Kota Banjarmasin Kalsel ke Samarinda, Kaltim, sekitar 18 jam lamanya.

Meskipun Kalsel saat ini sudah memiliki bandara berkelas internasional yang diresmikan untuk terminal barunya pada 18 Desember 2019 oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo, juga melayani rute penerbangan domestik ke Kaltim, namun layanan transportasi jalan darat yang cepat tidak kalah penting bagi masyarakat kelas bawah.

Ini jadi tantangan bagi Gubernur Kalsel Dr (HC) H Sahbirin Noor dan Wakilnya H Muhidin untuk mewujudkan itu di sisa kepemimpinan hingga 2024, menjalin sinergitas pembangunan sektor transportasi massal yang maju ke semua provinsi, khususnya daerah IKN dengan pemerintah pusat.

Gubernur H Sahbirin Noor.(Antara/Istimewa)

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022