Martapura, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 150 siswa dan siswi perwakilan dari masing-masing sekolah menengah atas se-Kabupaten Banjar berebut tempat juara untuk audisi tingkat kabupaten audisi ini dilaksanakan di Aula Kantor Disbudparpora, lantai 1, Martapura, Senin (15/2).


Kepala Disbudparpora Kabupaten Banjar H Abdul Ghani Fauzi menilai di kalangan generasi muda saat ini nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme terus mengalami kemunduran, demikain rilis Humas Pemkab Banjar diterima Antaranews Kalsel.

Padahal nilai patriotisme dan nasionalisme merupakan salah satu sarana untuk mempertahankan semua identitas dan jati diri bangsa.

"Kalau nilai-nilai itu luntur dan menghilang, maka akan hilang pula identitas dan jati diri bangsa,” ujar Fauzi.

Untuk itu pada audisi ini lagu yang akan dinyanyikan adalah lagu

“Indonesia Pusaka.” Peserta yang lolos audisi akan mengikuti pelatihan lagi dan juga akan mewakili pada tingkat provinsi. Adapun persyaratan untuk mengikuti Audisi Orkestra Gita Bahana Nusantara Tahun 2016 adalah peserta selain memiliki bakat dalam bidang tarik suara juga memiliki tinggi badan sekitar 160 cm.

“Gita Bahana Nusantara yang diselenggarakan Disbudparpora setiap tahun, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan dan memupuk nilai-nilai nasionalisme generasi muda di daerah Kabupaten Banjar dengan harapan menumbuhkan kembali serta memperkuat karakter.

Dan jati diri bangsa dan tentu saja audisi ini untuk mencari bibit-bibit yang berbobot dan berbakat untuk mewakili Kabupaten Banjar ke tingkat provinsi dan semoga saja lolos sampai ke tingkat Nasional seperti pada tahun sebelumnya,” ujarnya. (Welson/Afuz/f)

Pewarta: Asmuni

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016