Pesawat jamaah haji kelompok terbang (kloter) 5, dengan nomor penerbangan GA8205, tiba di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Sabtu (30/7), membawa sebanyak 358 jamaah haji. 

Sementara Kanwil Kemenkumham Kalsel melakukan monitoring untuk memastikan layanan keimigrasian berjalan optimal, cepat, akurat dan petugas memberikan pelayanan yang terbaik. Kegiatan dipimpin oleh Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, M. Syafwan Zuraidi bersama Kepala Bagian Program dan Humas, Hendy Emil yang mewakili para pimpinan tinggi pratama kantor wilayah.

Setibanya di bandara, jamaah haji langsung menuju asrama haji untuk pengecekan kesehatan, yaitu tes antigen. Jika dinyatakan negatif mereka dipersilahkan masuk ke ruangan mengikuti upacara penyambutan oleh perwakilan gubernur Kalimantan Selatan, Asisten Pemerintahan Umum Ir. Sri Suwanto, M.S.  Bila hasil antigen dinyatakan positif, langsung dilakukan karantina oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banjarmasin.
Petugas Imigrasi saat mengecek dokumen jamaah haji. (ANTARA/Firman)


Kedatangan kloter 5, yang pada keberangkatan berjumlah 359 orang dan saat kepulangan 358 dikarenakan satu orang mutasi ke kloter 4. Kloter 5 adalah jamaah haji  yang berasal dari Kota Palangka Raya 112 orang, Kabupaten Barito Selatan 61, Kabupaten Kotawaringin Barat 61, Kabupaten Kotawaringin Timur 91, Kabupaten Lamandau 9, Kabupaten Pulang Pisau  16, dan 2 orang dari Kabupaten Gunung Mas, petugas kloter 4 orang dan 2 Petugas Haji Daerah.

Dengan kedatangan kloter 5, jumlah jamaah haji yang sudah kembali ke Banua 1.788 haji dan petugas haji dari total 7 kloter dengan jumlah jemaah 2.510 orang, terdiri dari Kalimantan Selatan 1,758 jamaah dan Kalimantan Tengah 752 jamaah.

Petugas kemudian melakukan pemeriksaan keimigrasian dan perekaman data lalu lintas orang melalui sistem Border Control Management (BCM) kemudian diberikan stamp (stempel) kedatangan pada setiap paspor.

Lilis Herlianty, Ketua Seksi Dokumen Jemaah Haji PPIH Kalimantan Tengah sangat mengapresiasi kinerja dan pelayanan yang diberikan oleh petugas Layanan Keimigrasian. "Pelayanan yang diberikan oleh Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan sangat baik, dimulai dari pemeriksaan dokumen saat keberangkatan hingga pemeriksaan dokumen saat kedatangan. Petugas Layanan Keimigrasian sangat ramah dan cepat dalam berikan pelayanan," ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Sub Bidang Informasi Keimigrasian, I Dewa Made Artana beserta JFT dan JFU terkait.
 

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022