Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, terus bersinergi dengan pemerintah setempat untuk ikut andil dalam penanganan kasus stunting atau kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehidupan anak.

Ketua IBI Cabang Tanah Bumbu, Misnawati Ramli di Batulicin Jumat mengatakan, sebagai bagian dari tenaga kesehatan, bidan memang memiliki peran yang strategis dalam mempercepat penurunan angka stunting demi mewujudkan generasi yang sehat, cerdas, dan berkualitas.

"Peran dan kolaborasi yang dilakukan IBI dengan menjalankan program pemberian suplemen tablet besi folat pada ibu hamil, memberikan makanan tambahan pada ibu halim dan memberi onbat cacing pada ibu hamil," katanya.

Bukan hanya itu, IBI juga melakukan intervensi gizi spesifik kepada ibu menyusui dengan promosi menyusui ASI eksklusif dan konseling menyusui.

Memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi, memberi vitamin A, PMT Balita gizi kurang, pemberian tabura pada baduta, imunisasi dasar lengkap dan pemberian obat cacing. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Ambo Sakka mengucapkan bahwa profesi sebagai seorang bidan sangatlah mulia, karena begitu besar pengabdian Bidan terhadap proses kelahiran bayi dan pencegahan stunting.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang dilakukan para Bidan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk kesehatan ibu dan bayi di daerah Tanah Bumbu," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022