Kepala bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kabupaten Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Nasrullah menyambut baik rencana optimalisasi bimbingan manasik haji oleh Kantor Wilayah Kemenag Kalsel mulai tahun ini.

"Mudah-mudahan Jema'ah Calon Haji nanti bisa lebih mandiri tanpa terlalu bergantung dengan pembimbing haji dan Umroh," ujar Nasrullah di Amuntai, Jum'at (9/7/22).

Nasrullah mengatakan, pihak Kanwil sudah bekerja sama dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) dan Kelompok Bimbingan Manasik Haji dan Umroh (KBMHU) untuk peningkatan kegiatan bimbingan haji dan umroh.

Ia menyampaikan, Kepala bidang Penyelenggara Haji dan Umroh  Kanwil Kemenag Kalsel Rusbandi belum lama ini telah berkunjung ke Kota Amuntai  menyelenggarakan sosialisasi kepada KBIHU dan KBMHSU.
 
Sosialisasi Bimbingan Haji dan umroh oleh Kanwil Kemenag Kalsel kepada pihak Kelompok Pembimbing Haji dan Manasik HSU di Amuntai, Selasa (6/7/22) (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

"Kerjasama Kanwil dengan KBIHU dan KBMHUI dalam upaya peningkatan bimbingan haji dan umroh akan mulai pada 12 Agustus 2022 mendatang dimana setiap bulannya diadakan manasik haji dan umrah, untuk estimasi berangkat calon jamaah haji tahun 2023,"  terangnya.

Disamping sosialisasi, pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kesepakatan kerjasama Kanwil Kemenag Kalsel dengan KBIHU dan KBMHU Kabupaten HSU

Kegiatan diikuti peserta terdiri dari Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan para  pembimbing bersertifikasi dan penyuluh.

Kanwil juga terus melakukan pembenahan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan pemahaman kepada JCH salah satunya dengan program inovasi kegiatan pertemuan manasik haji sepanjang tahun. 

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022