Pelaihari (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, menyiapkan lahan untuk menunjang keberadaan Pelabuhan Laut Swarangan sebagai pelabuhan samudera di Kalimantan Selatan.


"Kita sudah menyiapkan lahan seluas enam hektare untuk menunjang Pelabuhan Laut Swarangan," ujar Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah di Pelaihari, Rabu.

Selain menyiapkan enam hektare lahan yang diminta Kementerian Perhubungan, Pemkab juga mempersiapkan rencana induk (master plan) dan infrastruktur penunjang lainnya.

Setelah semua persyaratan yang diminta Kementerian Perhubungan RI dipenuhi, maka pembangunan pelabuhan laut tersebut segera dilanjutkan.

Pelabuhan Laut Swarangan diharapkan juga menjadi pelabuhan umum dan dapat membantu Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Bahkan, ucap dia, keberadaan Pelabuhan Laut Swarangan tidak saja membantu peningkatan ekonomi Tanah Laut, namun juga dapat berkontribusi bagi peningkatan ekonomi Kalimantan Selatan.

Alamsyah berharap keberadaan Pelabuhan Laut Swarangan tidak saja dapat meningkatkan perekonomian daerah, namun berdampak pada kesejahteraan masyarakat dan terciptanya lapangan kerja baru bagi Tanah Laut.

Ditambahkan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Tanah Laut Andris Evony, Pelabuhan Laut Swarangan dilengkapi dengan fasilitas seperti, terminal peti kemas, terminal bongkar muat dan fasilitas penunjang lainnya.

Dampak positif yang diharapkan bagi masyarakat Tanah Laut apabila Pelabuhan Laut Swarangan dapat teralisasi terutama adalah meningkatnya perekonomian masyarakat dan terbukanya lapangan pekerjaan baru.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016