Koba,  (Antaranews Kalsel) - Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maryam, mengatakan "Water Blue" memiliki potensi wisata yang cukup unik dan menarik jika dibandingkan dengan objek wisata lainnya di daerah itu.


"Water Blue ini merupakan sebuah kolam dengan air berwarna biru, masyarakat setempat biasa menyebutnya dengan Kolong Biru," katanya di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, Kolong Biru yang terdapat di Desa Nibung tersebut sudah menjadi objek wisata alami yang banyak dikunjungi masyarakat karena posisinya berada di atas bukit dengan air yang biru sehingga cukup menarik untuk dikunjungi.

"Selama ini masyarakat memanfaatkan Water Blue hanya untuk berfoto," ujarnya.

Ia mengatakan, awalnya Water Blue merupakan lokasi penambangan bijih timah yang dilakukan masyarakat setempat.
"Belum diketahui sejak kapan kolong tersebut memiliki air berwarna biru karena sejumlah kolong atau kolam di sekitarnya airnya berwarna putih dan keruh," ujarnya.

Ia mengatakan, Water Blue terlihat lebih indah karena di permukaan air dihiasi kaolin yang menyerupai salju sehingga kolong tersebut menyerupai danau salju dengan air yang biru.

"Saya melihat water blue sangat unik, ini potensi wisata baru yang mesti digarap secara maksimal karena kami meyakini bakal menjadi objek wisata andalan di Bangka Tengah," ujarnya.

Pihaknya meminta dinas terkait di daerah itu membuat perencanaan matang untuk menyulap Water Blue menjadi sebuah objek wisata alam yang cukup menarik.

"Bisa saja Water Blue tersebut menjadi sebuah objek wisata tambang. Jika berhasil dikelola, maka ini satu-satunya objek wisata tambang yang memiliki keunikan," ujarnya.

Ditambah pula, saat ini daerah itu sedang mengembangkan sektor pariwisata sebagai sumber ekonomi baru bagi masyarakat.

"Water Blue ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan objek wisata yang kita miliki saat ini," katanya./f

Pewarta: Ahmadi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016