Bupati Tanah Laut HM Sukamta meminta kepada tenaga medis  pendamping jamaah calon haji (JCH) Tanah Laut  agar selalu memperhatikan kondisi kesehatan para jamaah, agar dapat memperlancar ibadah mereka.

“Tolong dikawal semua jamaah kita dengan baik, jangan sampai ada jamaah sakit karena tidak terlayani. Insya Allah, dengan memperhatikan kesehatan para jamaah, para tenaga kesehatan mendapatkan pahala besar sebagai mana para jamaah,”ujar bupati pada acara pelepasan 137 orang jamaah calon haji Tanah Laut,  di halaman Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Rabu  (15/6/2022) sore.

Pada kesempatan itu, bupati mendoakan agar seluruh jamaah diberikan kesehatan dan perlindungan selama menjalankan ibadah haji dan kembali ke Tanah Air dengan selamat.

“Mudah-mudahan berangkat sama-sama pulang pun sama-sama, berangkat sehat dan kembali ke tanah air dengan sehat pula,” ujar bupati sambil menengadahkan tangan.

Sukamta juga berpesan kepada jamaah calon haji agar senantiasa disiplin dalam mengatur waktu dalam melaksanakan ibadah. 

Tidak lupa,  dia juga mengingatkan,  agar tetap memperhatikan kondisi fisik dan kesehatan.

“Kepada seluruh jamaah calon haji Kabupaten Tala silakan manfaatkan waktu untuk beribadah sekuat-kuatnya, semaksimal mungkin sesuai dengan kondisi fisik masing-masing. Tolong tetap perhatikan kemampuan fisiknya masing-masing, jangan sampai nanti pada tanggal delapan, sembilan, 10, 11, 12 dan 13 Dzulhijjah merupakan puncak haji, kondisi badan para jamaah kurang sehat,”kata bupati.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, saat ini suhu di Saudi Arabia dikabarkan berada diatas angka 40 derajat celcius. 

Untuk itu, pinta dia, jamaah calon haji  tidak mengabaikan mengkonsumsi air minum agar terhindar dari dehidrasi dan dapat beribadah dengan tenang.

“Di Saudi Arabia saat ini musim panas, suhu disana diatas 40 derajat celcius. Jangan sampai kurang minum karena dapat mengakibatkan dehidrasi dan mengganggu ibadah para jamaah disana,”pinta bupati.

Jamaah calon haji asal Kabupaten Tanah Laut pada pemberangkatan tahun 2022 berjumlah 137 orang tergabung pada kloter empat dengan Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Kotabaru dan sebagian jamaah calon haji Kota Banjarmasin. 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022