Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Terdepan Pencegahan Tindakan Pidana Korupsi Indonesia siap membantu pengawasan dan pemantauan untuk mendukung upaya pencegahan korupsi di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Ketua DPD Garda Tipikor Indonesia Provinsi Kalsel Rizali Lufti di Tanjung, Kamis, mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani terkait keberadaan dan peran Garda Tipikor di `Bumi Saraba Kawa` ini.

"Garda Tipikor akan mengawal berbagai proyek yang bersumber dari dana APBN maupun APBN agar tidak terjadi penyelewengan mengingat masih banyak kasus dugaan korupsi yang terjadi di Kabupaten Tabalong," jelas Rizali.

Selain itu DPD Garda Tipikor Indonesia Kalsel bersama pengurus kabupaten Tabalong akan menggelar seminar pencegahan korupsi dengan melibatkan para aparatur sipil.

Garda Tipikor Indonesia Kabupaten Tabalong sendiri telah terbentuk melalui Surat Keputusan DPP Garda Tipikor Indonesia Nomor : KEP - 0303/ORG/DPP-GTI/XI/2015 tentang pembentukan kepengurusan DPC Garda Tipikor Kabupaten Tabalong.

Ketua DPC Garda Tipikor Indonesia Kabupaten Tabalong Zani Kurdi mengungkapkan kasus korupsi yang terjadi di wilayah ini justru dilakukan secara bersama-sama karena itu perlu ditingkatkan pengawasan dan pengelolaan sistem keuangan agar bisa meminimalkan penyelewengan dana oleh oknum aparatur pemerintah.

"Kami mengharapkan penggunaan dana APBD, APBN maupun bantuan lain ke masyarakat bisa lebih tepat sasaran dan para satuan kerja bisa melaksanakan aturan yang berlaku," jelas Zani.

Sebelumnya pengurus DPD Garda Tipikor Indonesia didampingi Ketua DPD Garda Tipikor Provinsi Kalsel melakukan koordinasi dengan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani sekaligus melaporkan terbentuknya lembaga independen ini.

Bupati Tabalong menyambut baik kehadiran Garda Tipikor Indonesia di kabupaten paling Utara Kalsel ini karena sangat membantu pemerintah daerah dalam melakukan pengawasan agar bisa menghapuskan praktik korupsi di kalangan birokrat.

"Kehadiran Garda Tipikor Indonesia di Kabupaten Tabalong justru membantu kami dalam melakukan upaya pencegahan praktik korupsi khususnya di kalangan aparatur pemerintah," kata Anang didampingi Kabag Humas Setda Tabalong Muhammad Rusli.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016