Ketua Pengurus kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Hulu Sungai Utara Pahruddin mempersiapkan atlet jelang Pekan Olahraga Daerah (Popda) dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX dengan melakukan latihan bersama dan laga persahabatan dengan atlet dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Tabalong.

"Pekan ini kita jajal kemampuan atlet kita dengan berlatih bersama atlet HSS setelah sebulan sebelum nya kita lakukan juga dengan atlet Tabalong," ujar Pahruddin di Amuntai, Rabu (8/6/22).

Pahruddin mengatakan, laga persahabatan dengan dua kabupaten tetangga bertujuan melakukan evaluasi kemampuan allet daerah masing-masing disamping mempererat persahabatan sesama atlet pencak silat.
 
Laga persahabatan olahraga pencak silat antara atlet Kabupaten HSU dan HSS dalam rangka menghadapi Popda dan Porprov 2022, Selasa (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Ia menyampaikan, sebanyak 14 atlet akan dipilih dari total sebanyak 28 atlet IPSI Kabupaten HSU  diikutsertakan pada Popda mendatang. Selama tiga hari setiap pekan dilakukan latihan di perguruan masing-masing untuk evaluasi atlet yang akan dikirim.

Ia berharap pesilat-pesilat HSU dapat kembali meningkatkan prestasi minimal  seperti kejuaraan di 2020 yang meraih dua emas, masing-masing satu perak dan perunggu. 

Sementara itu, Kepala bidang Olahraga Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSU Sugianor, mengapresiasi latihan dan laga persahabatan yang digelar setiap cabang olahraga untuk persiapan mengikuti Popda dan Porprov.

Menurutnya, kemajuan olahraga tidak hanya dapat ukur dari peningkatan prestasi, namun juga dari minat masyarakat terhadap olahraga yang digemari tersebut. 

"Kami berharap kemajuan olahraga juga dibarengi dengan minat masyarakat terhadap olahraga pencak silat,"katanya.

Kepada peserta, Sugianor berpesan agar selalu giat berlatih serta menjunjung kejujuran dan sportifitas. 

" Sesungguhnya pendidikan karakter tidak terlepas dari olahraga, jadi junjung lah sportifitas," pungkasnya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022