Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Balangan kian memantapkan persiapan jelang menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tahun 2022 di Kota Banjarmasin. 

"Untuk persiapan tim sendiri jelang POPDA, saat ini sudah memasuki program tahapan prakompetisi, sedangkan persiapan umum dan persiapan khusus sudah kami lewati beberapa bulan lalu," kata kepala pelatih IPSI Balangan Ahmad Juliansyah di Paringin, Jumat.

Menurut dia, program latihan tersebut sudah pihaknya susun sejak terbentuknya tim POPDA cabor pencak silat Kabupaten Balangan.

Dia melanjutkan, untuk intensitas latihan juga sudah masuk pada tahapan 60/80, jadwal latihan pun normalnya empat kali dalam seminggu bahkan semua atlet masih menambah jadwal latihan secara individu.

Selain itu, jelasnya, dua hari yang lalu pihaknya telah melaksanakan try out yang pertama ke Kabupaten Tapin. Dengan harapan dapat mengukur sejauh mana hasil latihan selama ini.
Tim Pencak Silat Balangan dan Tim Pencak Silat Kabupaten Tapin. ANTARA/erde


"Harapan kami setelah melaksanakan try out ini bisa mengukur sejauh mana capaian hasil dari proses latihan para atlet remaja yang akan bertanding pada POPDA nanti," jelas Juliansyah.

Kemudian, dengan melaksanakan try out atau uji coba tersebut pihaknya bisa mengevaluasi kekurangan para atlet, sehingga bisa menjadi PR untuk menghadapi fase kompetisi yang dijadwalkan pada 21-25 Juli 2022 mendatang.

Sementara itu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan sebanyak delapan cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat provinsi tahun 2022.

"Sebanyak delapan cabang olahraga tersebut adalah sepak bola, sepak takraw, tenis lapangan, bulu tangkis, voli indoor, basket, pencak silat dan tinju," ucap Kepala Dispora Kalsel Hermansyah melalui Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Provinsi Kalsel M Fitri Hernadi.

Baca juga: Kapolres cek Senpi dan Ranmor untuk periksa kedisiplinan anggota
Baca juga: Batu Merah wakili Balangan dalam lomba kampung KB tingkat provinsi
 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022