Saat mengikuti kegiatan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Balangan, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1001/HSU-BLG Mayor Inf Eko Santoso mengharapkan pihaknya bisa jadi wadah untuk komunikasi dan berkoordinasi dalam penguatan moderasi beragama di Kabupaten Balangan.

"Dengan kegiatan dialog ini, saya berharap bisa menjadi wadah untuk komunikasi dan koordinasi antar lintas agama yang ada di Kabupaten Balangan, serta membangun kesepahaman serta memperkuat jalinan harmoni dan kerukunan umat beragama," kata Kasdim di Paringin, Rabu.

Sementara Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Supriadi, pada sambutannya juga berharap dalam dialog ini menghasilkan konsep-konsep moderasi beragama intoleransi bagi masyarakat Kabupaten Balangan agar aman, rukun, damai dan sejahtera.

"Kami FKUB akan terus mengelola keberagaman dan merawat kerukunan umat beragama di Kabupaten Balangan, serta terus menjaga nilai-nilai moderasi beragama karena moderasi beragama sangat penting terhadap toleransi," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga mengajak semua tokoh untuk menjadikan agama sebagai sumber nilai-nilai yang merawat kebhinekaan dan mengajak umat menjaga kemajemukan yang berpegang teguh kepada sisi ajaran semua agama. Yang tentunya selalu mengajak berkehidupan secara rukun, aman, damai, sejahtera, toleran dan adil serta saling menghormati perbedaan.

Diketahui, pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Balangan yang diwakilkan Kabag Kesra Syaifuddin Tailah, Kepala Kemenag Balangan Saribuddin, Ketua FKUB Balangan Supriadi, perwakilan Kesbangpol Balangan dan juga seluruh Camat, Kapolsek serta Danramil se-Kabupaten Balangan.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022