Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Jumlah masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, yang berminat untuk membaca buku di perpustakaan akhir-akhir ini meningkat.

"Pengunjung Perpustakaan Daerah Tanah Bumbu periode 2013 sebanyak 5.050 pengunjung, naik 1.500 orang pada 2014 menjadi 6.550 pengunjung," kata Kepala Kantor Perpustakaan daerah Tanah Bumbu Andi Aminuddin melalui Kepala Seksi Kerarsipan Sahruji, di Batulicin.

Periode 2015 jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan untuk membaca dan meminjam buku naik 1.000 pengunjung menjadi 7.550 pengunjung.

"Meningkatnya jumlah pengunjung yang datang tidak terlepas dari perhatian pemerintah dalam memberikan kenyamanan fasilitas di perpustakaan untuk memikat para pembaca agar betah saat berkunjung," katanya.

Jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan sebagian besar para pelajar, mahasiswa, dan sebagian mereka sudah menjadi anggota perpustakaan.

"Bagi para pengunjung perpustakaan tetapi mereka belum memiliki kartu anggota maka langsung kami sarankan untuk mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan sebagai anggota perpustakaan," katanya

Manfaat bagi mereka yang sudah menjadi anggota perpustakaan, yakni pengunjung bisa meminjam buku yang diminatinya untuk di bawa pulang.

Tetapi bagi mereka yang belum memiliki atau belum menjadi anggota perpustakaan, maka pengunjung cukup meminjam dan membaca buku tersebut diperpustaaan atau ditak bisa di bawa pulang.

"Saat ini jumlah buku yang kami miliki mencapai 50 ribu lebih jenis buku, diantaranya ada buku ilmu murni atau ilmu umum, ilmu terapan, ilmu sosial, ilmu agama, Kesastraan, fisika, geografi, kesehatan dan olah raga," paparnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016