Sebanyak 115 onthelis, yang terdiri dari veteran, komunitas pensiunan dan komunitas sepeda onthel Kalsel, mengikuti kirab, dalam rangka memperingati HUT ke-73 Proklamasi Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Pelepasan kirab dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor di Siring 0 KM Banjarmasin Selasa (17/5).

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam sambutannya mengatakan, kirab ini merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap para pejuang yang telah memperjuangkan kemerdekaan NKRI di Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan.

“Kegiatan hari ini merupakan upaya kita dalam melestarikan nilai-nilai kemerdekaan, terutama dibawah kepemimpinan Brigjend Hasan Basry dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI khususnya di Kalimantan Selatan,” ucap Paman Birin sapaan akrabnya.

Paman Birin mengungkapkan, Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan dikenal sangat istimewa.

“Karena merupakan perwujudan nasionalisme yang tinggi yang dimiliki rakyat Kalimantan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Proklamasi yang juga dikenal sebagai Proklamasi Kalimantan 17 Mei 1949 ini adalah sebuah proklamasi yang menyatakan Kalimantan bagian yang tak terpisahkan dari Republik Indonesia,” jelasnya.
 

Gubernur melepas kirab onthelis dalam rangka peringatan HUT ke-73 ALRI, di siring 0 KM Banjarmasin, Selasa 17/05/2022. (Antara/Istimewa)


Paman Birin juga memberikan semangat kepada generasi muda untuk tetap berjuang sembari mengenang perjuangan para pahlawan Banua.

“Dan diharapkan dengan kegiatan ini, generasi muda harus tetap berjuang sambil mengingat perjuangan pahlawan kita, terutama pahlawan daerah Kalsel yang dulu memperjuangkan terjadinya Proklamasi 17 Mei 1949,” tandasnya.

Selanjutnya rombongan sepeda onthel menuju Makam Pahlawan Nasional Brigjend Hasan Basry di Liang Anggang Banjarbaru.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022