Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, di halaman Kantor Bupati setempat, Selasa (17/5/2022).

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dalam sambutannya  dibacakan Sekda Tanah Laut H Dahnial Kifli mengungkapkan, peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan menjadi momentum bersama dalam menggali dan menghayati nilai-nilai perjuangan Brigjen H Hasan Basry dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

”Mari kita membuka kembali catatan sejarah perjuangan rakyat Kalimantan. Sebagaimana peristiwa besar Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan menjadi corong api semangat perjuangan  mempertahankan NKRI kala itu. Peristiwa besar pembacaan Proklamasi pada tanggal 17 Mei tahun 1949 di Kandangan dibacakan dan ditandatangani langsung oleh Brigjen H Hasan Basry atas nama rakyat Kalsel, menyatakan Kalsel adalah bagian yang tak terpisahkan dari wilayah Republik Indonesia,” kata Sekda.

Dia juga menyampaikan, momentum peringatan tidak hanya bertujuan untuk mengenang sejarah perjuangan dan kepahlawanan para pendahulu saja, tetapi lebih dari itu sebagai semangat untuk terus mengabdi dan berkontribusi terhadap negara.

”Peringatan ini harusnya dapat menjadi ruang introspeksi bagi kita semua, bukan tentang apa yang telah diberikan bangsa dan negara, tetapi sampai sejauh mana kita dapat melanjutkan perjuangan yang telah dirintis oleh para pendahulu serta berapa besar pengabdian dan kontribusi yang telah kita berikan bagi masyarakat, daerah dan bangsa,” lanjut Sekda.

Turut hadir unsur Forkopimda Tanah Laut, pimpinan kantor vertikal di Tanah Laut, Kepala SKPD lingkup Pemkab Tanah Laut, para Legiun Veteran RI,  TNI, Polri dan organisasi masyarakat.

Baca juga: Asisten: BUMDesa mampu bangun ekonomi lokal dan hubungan sosial
Baca juga: Bupati ingin mahasiswa dan pelajar pemberi pesan baik kepada teman sebaya
 

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022