Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto menyampaikan, Pulau Kalimantan akan menjadi sangat strategis ke depannya bagi Indonesia pada era ekonomi hijau.

"Ke depan kita akan masuk era ekonomi hijau, saat akan dicari pertumbuhan-pertumbuhan hijau dengan paradigma nol karbon," ujarnya di Banjarmasin, Kalsel, Rabu.

Gubernur Lemhannas hadir di Banjarmasin dalam rangka kegiatan sosialisasi/dialog wawasan kebangsaan Lemhannas RI tahun 2022 di Provinsi Kalsel 11-13 Mei yang bertempat di Hotel Rattan In Banjarmasin.

Menurut Andi, Pulau Kalimantan, termasuk bagiannya Kalimantan Selatan ini, dan Pulau Papua, dua pulau ini diharapkan memiliki kontribusi utama dalam pertumbuhan ekonomi hijau tersebut.

"Ini proses panjang yang oleh pemerintah ditargetkan berlangsung hingga 2060," tuturnya.

Selain strategis bagi era ekonomi hijau, kata dia, Pulau Kalimantan bagi Indonesia karena menjadi Ibu Kota Negara (IKN) baru yang sudah ditetapkan titiknya di Provinsi Kalimantan Timur, yakni IKN Nusantara.

"Perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kaltim atau dari Pulau Jawa ke pulau Kalimantan ini tentunya mengalami proses cukup panjang karena kalau di militer itu disebut perpindahan center of gravity (pusat massa)," ujar Andi.

Provinsi Kalimantan Selatan sebagai provinsi tetangga IKN menjadi strategis pula, karena menjadi gerbang masuk IKN.

"Gerbang masuk bagi dinamika ekonomi politik dan sosial untuk mewujudkan ada kota dunia baru, ada kota pintar, ada kota hijau di IKN," ujarnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022