Lebih banyak penumpang berangkat dari Terminal Tipe A Gambut Barakat di Kilometer 17 Jalan A Yani, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, saat arus balik H+4 libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau Sabtu hari ini.

Kepala Terminal atau Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Gambut Barakat Kalsel Daniel Bernhard di Banjarmasin, Sabtu menyampaikan, total keberangkatan penumpang hari ini baik antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP) sebanyak 4.598 orang.

Menurut dia, total keberangkatan penumpang tersebut lebih banyak dari kedatangan, yakni sebanyak 4.338 orang.

Dengan rincian, kata dia, untuk kedatangan bus AKAP sebanyak 12 unit bus dengan jumlah penumpang 459 orang, sedangkan yang berangkat sebanyak 17 unit bus dengan jumlah penumpang 623 orang.

Sementara itu bus AKDP dengan rincian kedatangan 221 unit bus dengan jumlah penumpang 3.879 orang, sedangkan yang berangkat sebanyak 253 unit bus dengan jumlah penumpang 3.975 orang.

Menurut Daniel, jumlah penumpang AKDP dengan perjalanan wilayah aglomerasi Banjarbakula (Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala dan Tanah Laut) ditambah tujuan Loksado, Aranio, Pelabuhan Trisakti, Marabahan dan Sengayam, naik dari kemarin atau H+3.

Hal ini disebabkan beberapa faktor, di antaranya karena hari ini weekend, kedatangan penumpang dari provinsi Kaltim, dan masih gratisnya pelayanan AKDP dari Trans Banjarbakula.

"Ini menumbuhkan minat dan rasa keingintahuan masyarakat dalam bertransportasi dari dan ke asal tujuan perjalanan," tutur Daniel.

Secara umum, dia menyampaikan arus balik lebaran hingga H+4 ini berjalan lancar, aman dan terkendali di Terminal Gambut Barakat.
Layanan BTS Banjarbakula di Terminal Gambut Barakat.(Antara/Ho)

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022