Kepala Dinas Perhubungan Tanah Laut  Gentry Yulianto mengatakan, jelang Idul Fitri sekaligus memasuki masa libur panjang, situasi lalu lintas pada jalur-jalur mudik menjadi perhatian seluruh tim gabungan.

"Tim gabungan terdiri atas Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Laut yang melakukan tertib dan keselamatan LLAJ, uji petik kendaraan bermotor, ramp check, hingga yustisi bersama TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD dan BNNK Tala," ujar Gentry Yulianto, Sabtu (30/4/2022). 

Menurut dia, lokasi kegiatan tersebut  menyasar pengguna jalan yang melintas jalur rest area Gunung Kayangan arah Banjarmasin ke Pelaihari.

Kegiatan itu, sebut dia, untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang tertib berlalulintas bagi pengguna jalan.

"Kegiatan ini juga  mengantisipasi peningkatan kasus kejahatan selama memasuki masa libur panjang," terangnya. 

Kemungkinan, ujarnya, dari luar daerah akan banyak pengguna jalan berdatangan ke Bumi Tuntung Pandang,  baik mudik atau berwisata. 

"Kita ingin kondisi kesehatan pengguna jalan hingga kendaraan yang digunakan tidak berpotensi menimbulkan bahaya. Jadi, inilah bentuk pelayanan kami kepada masyarakat,"paparnya.

Gentry mengimbau kepada masyarakat yang bepergian menggunakan kendaraan pribadi  agar dapat lebih teliti memeriksa kondisi kendaraan yang digunakan. 

Kadishub juga menegaskan,  akan melakukan tindakan bagi masyarakat yang nekat menggunakan mobil barang untuk menampung penumpang.

"Jangan pernah menggunakan kendaraan barang untuk membawa penumpang. Itu sangat berbahaya. Gunakanlah angkutan umum," tegasnya.

Gentry mengutarakan, Tanah Laut memiliki daya tarik bagi wisatawan, sehigga kemungkinan akan banyak kedatangan pengunjung selama libur panjang. 

Dia berpesan,  agar wisatawan dapat memanfaatkan momen libur panjang dengan tidak memilih waktu berwisata pada akhir pekan.

"Jangan menumpuk pada hari Sabtu dan Minggu. Cari waktu yang pas agar terhindar dari kepadatan dan kemacetan," pesannya.

Pada kegiatan tersebut, petugas gabungan memberikan tindakan kepada pengguna jalan yang kedapatan tidak memiliki kelengkapan surat berkendara. 

Selain itu, dilakukan juga pemberian vaksin  pertama, kedua hingga booster. 

Petugas juga melakukan tes urine secara acak guna memastikan pengendara tidak dalam pengaruh alkohol maupun obat-obatan terlarang.
 
Tim gabungan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Laut melakukan tertib dan keselamatan LLAJ, uji petik kendaraan bermotor, ramp check, hingga yustisi bersama TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD dan BNNK Tala, Sabtu (30/4/2022). Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022