Ribuan penumpang pesawat baik yang berangkat menuju berbagai rute maupun penumpang yang datang terus memadati Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru. 

Stakeholder Relation Manager Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin Zulfian Noor di Banjarbaru, Kamis mengatakan, peningkatan penumpang maupun pergerakan pesawat terjadi sejak beberapa hari terakhir.

"Jumlah penumpang terus meningkat dan data posko angkutan lebaran di Bandara Syamsudin Noor tanggal 27 April 2022 mencatat penumpang yang datang dan berangkat mencapai 8.161 orang," ujarnya. 

Disebutkan, jumlah penumpang yang menembus angka 8.000 lebih tersebut meliputi penumpang datang sebanyak 2.650 orang dan penumpang yang berangkat meninggalkan Kalsel 5.511 orang. 

Menurut dia, peningkatan penumpang diperkirakan terus berlangsung hingga mencapai puncaknya diprediksi terjadi pada Jumat atau Sabtu dengan jumlah menembus 8.700 orang baik datang maupun berangkat.

"Kami memprediksi, puncak arus mudik di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin terjadi pada Jumat atau Sabtu dengan jumlah penumpang berkisar 8.500 hingga 8.700 orang," ungkapnya. 

Dikatakan, rute penerbangan yang paling padat yakni menuju ke Jakarta dan Surabaya, termasuk Yogyakarta, sehingga maskapai penerbangan membuka penerbangan ekstra untuk tiga rute paling padat tersebut. 

"Pergerakan pesawat yang berangkat dan datang sebanyak 86 penerbangan setiap hari, empat hingga lima penerbangan merupakan extra flight yang dibuka maskapai untuk melayani penumpang," ucapnya. 

Ditambahkan, Bandara Internasional Syamsudin Noor membuka posko angkutan lebaran 2022 yang digelar selama 16 hari terhitung sejak Senin (25/04) hingga 10 Mei 2022 di area terminal kedatangan. 

Posko itu merupakan kolaborasi dari gabungan formasi Manajemen AP 1, TNI, Polri, airlines, Perum LPPNPI (Airnav), BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, dan komunitas bandara lainnya. 

"Kami berharap, keberadaan posko memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sehingga mereka nyaman dan tenang baik saat tiba di bandara maupun sebelum berangkat menuju ke daerah tujuan," katanya. 

Berita terkait: Bandara Internasional Syamsudin Noor tambah penerbangan ekstra ke Jakarta
Berita terkait: Jam operasional Bandara Syamsudin Noor diperpanjang, antisipasi lonjakan penumpang

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022