Banjarmasin, (Antaranews Kalsel – Melalui Datsun Rising Challenge (DRC) 2, Datsun menantang calon wirausaha muda Banjarmasin membangun kewirausahaan yang mampu memberdayakan masyarakat dan mengentaskan permasalahan sosial (social entrepreneurship).

"Sejalan dengan brand spirit Datsun yaitu Dream (Impian), Access (Akses) and Trust (Terpercaya), kami ingin mengajak para risers khususnya di Banjarmasin untuk mewujudkan mimpi melalui bisnis mereka sendiri dan berharap dapat bertemu dengan sosok Agent of Change," kata Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja.

Menurut dia, seorang entrepeneur muda yang tidak hanya mementingkan keuntungan pribadi namun juga berdampak positif dan dapat memberdayakan masyarakat sekitarnya.

Setelah sukses menggelar roadshow DRC 2 di Jakarta, Makassar, Bandung, Medan, dan Surabaya, hari ini, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) melalui brand Datsun kembali melakukan kegiatan sosialisasi di Banjarmasin, Kamis (10/12).

DRC 2 merupakan gelombang kedua dari program DRC yang telah menuai kesuksesan besar pada tahun 2013, saat para peserta diajak untuk mengajukan proposal ide wirausaha dan belajar tentang bagaimana membangun bisnis mereka secara berkelanjutan.

Tahun ini, DRC 2 bertemakan Social Entrepreneurship yang fokus pada kewirausahaan yang memberdayakan masyarakat untuk mengentaskan permasalahan sosial.

Para peserta diundang untuk mendaftarkan ide dan proposal bisnis yang inovatif untuk pengembangan para wirausahawan muda Indonesia yang memiliki kepekaan sosial, wujudkan mimpi untuk memiliki bisnis impian, sekaligus berkontribusi pada masyarakat.

DRC 2 telah secara resmi dimulai pada tanggal 13 Oktober 2015 lalu dan menargetkan lebih dari 2.000 proposal. Dua puluh proposal terbaik akan berkesempatan berpartisipasi dalam lokakarya bisnis yang dimentori pakar dari beragam bidang.

 DRC 2 akan menyeleksi lima proposal terbaik dari seluruh Indonesia. dan setiap pemenang akan mendapatkan 1 unit mobil Datsun GO+ Panca dan uang tunai sebesar Rp50 juta Rupiah, yang dapat digunakan sebagai modal awal usaha.

Datsun mengadakan roadshow di beberapa kota besar Indonesia seperti Jakarta, Makassar, Bandung, Medan, dan Surabaya. Kini DRC 2 kembali mengadakan kegiatan sosialisasinya di Banjarmasin (10-11 Desember 2015), kemudian diikuti kota Yogya (14-15 Desember 2015) dan Palembang (17-18 Desember 2015).
 
"Dalam roadshow DRC 2 di Banjarmasin ini, para risers sangat antusias dalam setiap kegiatan seminar yang kami adakan di beberapa kampus ternama," katanya..

Hingga saat ini, seminar roadshow DRC 2 telah diikuti oleh kurang lebih dari 1.500 peserta dan telah menerima ratusan proposal bisnis. Kami harapkan jumlah proposal bisnis yang kami terima akan semakin meningkat kedepannya seiring dengan semakin tinggi minat para risers untuk menjadi entrepreneurship yang sukses dan peduli terhadap lingkungan sosialnya.

Untuk mensosialisasikan program DRC 2 di Banjarmasin, Datsun akan mengadakan seminar kewirausahaan sosial yang melibatkan para mahasiswa dari berbagai kampus di Banjarmasin.

Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi para calon social entrepreneur dengan pengetahuan terkini yang dibutuhkan untuk mendirikan dan mengembangkan bisnis, serta memberikan solusi permasalahan sosial di masyarakat dengan prinsip-prinsip kewirausahaan.

Untuk mengikuti kompetisi ini, para calon peserta dapat mengunduh formulir pendaftaran DRC 2 dan menyerahkan proposal bisnisnya di website www.datsun.co.id/drc  hingga tanggal 20 Januari 2016.

Di Kalsel sendiri perjualan mobil Datsun telah mencapai 500 unit sejak diluncurkan beberapa bulan silam, dengan market share mencapai 30-40 persen.

"Kami menargetkan penjualan mencapai 200 unit dalam sebulan dengan kelebihan paling murah dan ekonomis di banding kompetitornya," kata Kepala Cabang Nissn Datsun Banjarmasin Ken Hadiwidjaja.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015