Kondisi terminal Kilometer 6 (KM-6) Banjarmasin, Kalimantan Selatan terpantau tidak ada lonjakan kedatangan penumpang untuk mudik ke kampung halaman merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 hijrah atau tahun 2022.

"Tidak ada kenaikan penumpang, seperti biasa aja saat ini," ujar Kepala UPT Terminal Tipe B KM-6 Banjarmasin Tommy Hariadi di Banjarmasin, Senin.

Malah menurut dia, peningkatan kedatangan penumpang terjadi seminggu sebelum bulan Ramadhan.

"Ya, sekitar 5 persen lah, itu pun banyak penumpang dari bus trans Banjarbakula," tuturnya.

Menurut Tommy, untuk penumpang untuk keberangkatan jarak jauh seperti Antarakota Antarprovinsi (AKAP) jurusan ke Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) dan jurusan Sampit, Kalimantan Tengah (Kalteng) belum ada kenaikan.

"Kondisinya seperti biasa, lagian terminal KM-6 Banjarmasin kini hanya sebagai terminal transit, bus hanya mengambil penumpang di sini," paparnya.

Menurut dia, terminal utama keberangkatan penumpang bus AKAP atau Antarkota dalam provinsi (AKDP) di Terminal Tipe A Gambut Barakat di Jalan A. Yani KM 17 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar.

"Jadi kini di sana semuanya," ujar dia.

Menurut dia, Dishub Kalsel akan melaksanakan pemeriksaan keselamatan bagi angkutan umum ini, termasuk akan membangun posko mudik di terminal KM-6 Banjarmasin.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022