Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Pasangan Cagub-Cawagub Kalimantan Selatan Sabirin Noor dan Rudy Resnawan sementara unggul di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Sekretaris KPUD HSU Taufan Rizani di Amuntai, Rabu, mengatakan berdasarkan rekap perhitungan suara di TPS yang masuk ke KPUD HSU hingga pukul 21.00 Wita pasangan Birin Rudy unggul dengan perolehan 54.516 suara.

"Berdasarkan surat suara yang masuk sekitar 67,248 persen, pasangan Birin-Rudy unggul disusul pasangan Muhidin-Farid dengan 33.808 suara, sedangkan pasangan Zairullah-Safi'i sebanyak 15.796 suara" ujar Taufan.

Taufan mengatakan berdasarkan laporan penghitungan suara sementara di 697 TPS di Kabupaten HSU yang masuk ke KPUD HSU dari sebanyak 107.090 surat suara yang sudah dihitung sebanyak 2970 suara tidak sah.

Dari Jumlah pemilih di HSU sebanyak 159.395, surat suara sah yang sudah direkap sebanyak 104.120 ditambah 2970 suara tidak sah.

Taufan mengatakan, pasangan Birin-Rudy sementara ini unggul di semua kecamatan di HSU (10 kecamatan ) khususnya terbanyak di Kecamatan Amuntai Tengah dengan 11.326 suara.

Sementara pihak Panwaslu Kabupaten HSU belum menerima laporan terjadinya pelanggaran/ kecurangan di TPS.

"Kita belum menerima laporan terjadinya kecurangan, namun proses penghitungan suara masih berlangsung dimana petugas panwascam tetap kita intensifkan  untuk melakukan pengawasan," kata Komisioner Panwaslu Divisi Penerimaan Laporan dan Tindak Lanjut Zainal Arifin.

Arifin mengatakan proses rekapitulasi suara cukup rawan terjadinya kecurangan sehingga  pengawasan tertap difokuskan pada tahapan ini.

Dikatakan, proses rekapitulasi di tingkat PPK berlangsung hingga 16 Desember, sedangkan di tingkat kabupaten 16-18 Desember.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015