Dandim 1002/HST Letkol Kav Gagang Prawadhana menyampaikan vaksin COVID-19 saat ini aman bagi wanita hamil dan ibu menyusui.
 
Hali itu disampaikan nya saat meninjau dan menyaksikan langsung pemberian vaksin kepada ibu hamil dan menyusui di Desa Haur Gading Kecamatan Batang Alai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Senin.
 
Menurut Gagang, vaksin bagi wanita hamil sudah sesuai rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). Sementara Kementerian Kesehatan juga telah menyatakan vaksinasi COVID-19 aman bagi ibu menyusui.
 
Diperjelas oleh Kepala Puskesmas Awang Besar Achmad Azhari bahwa untuk proses skrining terhadap dua target sasaran itu, harus dilakukan secara rinci dan teliti.
 
"Bagi ibu hamil, proses skrining atau penafisan harus dilakukan secara detail dibandingkan sasaran lain," ucapnya. 
 
Diungkapkannya, vaksin COVID-19 hanya bisa diberikan kepada ibu hamil yang usia kandungannya sudah 13 minggu dan berada di trimester kedua kehamilan.
 
"Jika memiliki penyakit penyerta dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut, maka vaksin masih dapat diberikan," tutupnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022