Sedikitnya 10.000 batang pohon bakal berdiri tegak di hamparan lahan yang ada di Taman Hutan Raya (Tahuira) Sultan Adam, Mandiangin, Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.


Penanaman berbagai jenis pohon tersebut, menurut informasi bagian dari rangkaian peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo kisaran 26 dan 28 November 2015.

Jenis pohon yang dikatakan sudah siap bibitnya adalah Angsana, Mahoni dan Trembesi disamping jenis bibit pohon langka seperti Tengkawang, Ulin, Kasturi, Meranti, Gaharu dan Durian.

Penanaman pada lokasi  Tahura Sultan Adam  8.000 batang ditanam sebelum acara puncak dan 2.000 batang pada saat acara seremonial.

Selain penanaman pohon, pada puncuk HMPI dan HCPSN yang bertema "Ayo Kerja, Tanam dan Peliharan Pohon Untuk Hidup Yang Lebih Baik" itu juga akan dilaksanakan penyerahan penghargaan Penanaman Pohon Tahun 2014 kepada Rektor Perguruan Tinggi, Kepala Sekolah, Kelompok Tani/Koperasi dan masyarakat peduli penanaman pohon.

Selain itu, penyerahan penghargaan Kampung Iklim dan Adiwiyata Nasional serta SK HKm, HD dan HTR.

Pemenang lomba penanaman pohon tahun 2014 untuk gubernur, bupati dan wali kota. Juara Umum Lomba Wana Lestari Tingkat Nasional Tahun 2015 dan Penyematan Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan serta Penandatanganan Sampul Hari Pertama Perangko Seri Puspa dan Satwa.

Pada kesempatan kegiatan yang diperkirakan bakal dihadiri sekitar 2.000 orang itu, presiden juga dijadwalkan melalukan teleconference  dengan Gubernur: Riau, Jambi, Sumsel, Kalteng, Jawa Timur, Kalsel (Pulau Laut)/Jawa Barat (Sukabumi) dan Papua.

Pewarta: Abdul Hakim M

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015