Tanjung, (AntaranewsKalsel) - Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan, Anang Syakhfiani mengatakan fasilitas taksi di Bandara Warukin akan dikelola swasta atau pengusaha yang berminat berinvestasi di bidang transportasi darat.


Hal ini terkait mulai dioperasikannya Bandara Warukin menjadi bandara umum yang melayani transportasi udara Tanjung - Balikpapan (Kalimantan Timur) oleh maskapai penerbangan PT Kalstar Aviation mulai 24 November 2015.

"Besok (Selasa, 24/11) penerbangan perdana rute Tanjung - Balikpapan akan diresmikan dengan menggelar acara syukuran bersama manajeman PT Kalstar dan selanjutnya untuk pengelolaan taksi bandara kita serahkan ke swasta," kata Anang usai memimpin apel gabungan di Taman Kota Tanjung, Senin.

Karena itu, pemerintah kabupaten tidak akan mengurusi soal transportasi atau taksi bandara meski berpeluang menambah pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informastika Kabupaten Tabalong Nanang Mulkani menambahkan peresmian penerbangan perdana Tanjung - Balikpapan bersifat informal karena rute penerbangan Tanjung - Banjarmasin ditunda terkait pesawatnya masih dalam perbaikan.

"Kita melihat dulu jumlah peminat atau penumpang untuk rute penerbangan Tanjung - Balikpapan atau sebaliknya, kemudian selanjutnya mempersiapkan pengadaan taksi bandara.

Nanang mengatakan dalam acara syukuran penerbangan perdana Kalstar dengan rute Tanjung - Balikpapan dan Balikpapan - Tanjung pada Selasa (24/11) akan dipimpin Ketua MUI Kabupaten Tabalong Akhmad Rasyidi.

Selanjutnya masyarakat Tabalong dan sekitarnya bisa menggunakan sarana transpostasi udara ini dengan jadwal yang telah ditetapkan PT Kalstar yakni pada Selasa, Kamis dan Sabtu.

Pesawat yang digunakan pada rute penerbangan ini, kata Nanang, jenis ATR 42 dengan kapasitas penumpang 50 orang.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015