Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memastikan bisa menyukseskan penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXIX Nasional tahun 2022.

Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin di Banjarmasin, Selasa, menyatakan, sebagai tuan rumah dilaksanakan MTQ Nasional yang dijadwalkan pada 10--19 Oktober 2022, dari jauh hari sudah disiapkan untuk suksesnya itu.

"Sudah siap, apalagi pak Gubernur sudah menetapkan tempat pembukaanya kan, sudah disampaikan," ujarnya.

H Muhidin menyebutkan, bahwa tempat pembukaan MTQ Nasional di provinsi ini direncanakan di Objek Wisata Kiram Park di Kabupaten Banjar.

Kiram Park sebagai salah satu objek wisata yang menyajikan keindahan alam, gunung dan pepohonan, di mana tempat ini dinilai sangat cocok jadi tempat diselenggarakannya event besar, seperti MTQ Nasional, karena juga memiliki lapangan yang cukup luas. Di sana juga ada mesjid bambo.

Menurut H Muhidin, Kalsel terus membenahi dan membangun sarana dan prasarana penunjang suksesnya penyelenggaraan MTQ ini, hingga pada waktunya sudah sangat siap tanpa ada kekurangan lagi.

Menurut dia, penyelenggaraan jika tidak ada aral, tetap sesuai jadwal semua yang sudah ditetapkan, sesuai informasinya pada 10-19 Oktober 2022.

"Terkecuali kondisi darurat lagi seperti COVID-19 ini kembali naik tinggi, bisa saja dimundur, tapi kita tetap sudah siap," ujar H Muhidin.

Adapun MTQ Nasional di Kalsel ini kegiatannya dilaksanakan ditiga kabupaten/kota, yakni, di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Diperkirakan, peserta yang mengikuti MTQ Nasional di Kalsel tahun 2022 ini sekitar 6 ribu orang dari seluruh provinsi di Indonesia.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022