Kabupaten Balangan kini memiliki perguruan tinggi yang pertama di Kalimantan Selatan yaitu Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITSM) Balangan yang telah diserahterimakan oleh Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan Selatan Muhammad Akbar, Jumat (11/3).

Wakil Bupati Balangan Supiani mengatakan, kehadiran Institut Teknologi Sapta Mandiri Balangan ini adalah kado ulang tahun ke-19 yang sangat spesial untuk Kabupaten Balangan.

"Karena ini adalah institut teknologi pertama di Kalimantan Selatan, jadi ini juga akan menjadi catatan tersendiri di dunia pendidikan tinggi Kalsel sekaligus kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Balangan," kata Wabup Balangan di Paringin, Jum'at.

Menurut dia, kehadiran perguruan tinggi ini tentu memberi berbagai harapan bagi masyarakat dalam sektor pendidikan, yaitu menambah peluang masyarakat Balangan untuk menempuh pendidikan tinggi tanpa harus ke luar daerah.

"Sebagai bentuk dukungan nyata dari pemda, kami akan menyiapkan hibah berupa lahan untuk pengembangan kampus ITSM Balangan ini nantinya," ucap Supiani.

Sementara itu Ketua Yayasan ITSM Balangan Slametno, berharap dengan adanya perguruan tinggi institut teknologi yang pertama di Kalsel ini, tingkat kunjungan di Balangan semakin meningkat.

"Semoga nantinya kekuatan ekonomi mikro dan makro kita di Balangan ini dapat meningkat, karena ITSM ini selevel universitas yaitu dipimpin seorang rektor, nantinya akan kita kembangkan lagi program-program studi yang diperlukan masyarakat," kata Slametno.

Selain itu sebutnya, pada prodi ini sendiri memiliki ciri khas tersendiri yang belum ada dimanapun, yaitu memiliki konsentrasi keamanan siber dan digital forensik. Yang tujuannya untuk membantu aparat hukum dalam kaitan pengungkapan kasus-kasus yang berkaitan dengan kejahatan siber maupun kejahatan forensik.

Sebagai informasi, ITSM Balangan pada April 2022 akan melaksanakan penerimaan mahasiswa baru dengan jurusan sementara yang tersedia yaitu S1 Ilmu Komputer, S1 Sistem Informasi dan S1 Teknologi Informasi.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022