Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) membuka seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2022.

Seleksi dilakukan di Amandit Aquatic Center dibuka secara langsung dengan ditandai penyematan tanda peserta seleksi paskibraka oleh Kepala Disporapar HSS, Efran.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 7 sampai 9 Februari 2022, peserta yang mengikuti seleksi 144 peserta dari 14 sekolah yang berasal dari kelas X dan XI SMA/MA/SMK se Kabupaten HSS, kata Efran, Senin (7/3).

Baca juga: Duta Pepelingsih HSS siap ikuti pemilihan tingkat provinsi

Dijelaskan dia, ini merupakan seleksi tahap awal yang kemudian akan dilaksanakan seleksi-seleksi tahap berikutnya, dalam seleksi tahap awal ini yang dicari ialah dengan postur tubuh dari tinggi badan, berat badan dan postur tubuh. 

Untuk tinggi badan perempuan minimal 159 cm dan untuk tinggi badan laki-laki minimal 168 cm, peserta yang lolos dalam seleksi tahap awal ini akan mengikuti seleksi tahap berikutnya yaitu seleksi postur tubuh, seleksi kesehatan dan seleksi keterampilan baris-berbaris.

Ia juga menyampaikan, meski peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia masih enam bulan lagi, namun persiapan sudah dilakukan sejak sekarang agar bisa mendapatkan hasil terbaik demi lancarnya upacara nantinya.

"Kami berharap karena suasana masih dalam masa pandemi, kegiatan seleksi ini baik para peserta maupun tim pelatih dapat terus mengedepankan protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Loksado dan Nagara bakal jadi lokasi shooting film "Jendela Seribu Sungai"

Menurut dia, disamping menjaga kondisi kesehatan karena cuaca yang masih sering dilanda hujan, para pelatih khususnya diminta agar selalu memberikan bimbingan dan penilaian sebaik-baiknya kepada para peserta.

Hal ini dimaksudkan agar nantinya tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, baik itu terkait kondisi peserta maupun hasil yang didapatkan dalam seleksi paskibraka ini.

Dari 144 peserta calon Paskibraka HSS nantinya akan dipilih sebanyak 32 Paskibraka terpilih, di mana 12 di antaranya akan diikutsertakan untuk seleksi di tingkat provinsi dan nasional, namun bagi mereka yang tidak lulus di tingkat provinsi dan nasional otomatis mereka akan tetap menjadi Paskibraka di tingkat kabupaten.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022