Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) merubah pola pikir kaum wanita di desa agar mengembangkan potensi dan perannya..


Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan Abdul Wahid di Desa Bitin Selasa mengatakan melalui Program P2WKSS berbagai kegiatan yang melibatkan kerjasama lintas instansi diharapkan merubah pola pikir wanita di desa.

"Untuk meningkatkan peran wanita melalui Program P2WKSS yang perlu diubah terlebih dahulu yakni pola pikirnya," ujar Wahid.

Menurut Wahid, keberadaan dan peran kaum wanita saat ini tidak bisa diremehkan, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui berbagai usaha yang dikembangan kaum wanita.

Desa Bitin Kecamatan Danau Panggang yang terpilih mewakili Kabupaten HSU pada evaluasi P2WKSS tingkat Provinsi Kalimantan Selatan telah tumbuh dan berkembang berbagai usaha kaum wanita dan turut menggerakan roda perekonomian di desa.

"Jadi melalui Program P2WKSS ini juga memperlihatkan keinginan pemerintah mengangkat harkat dan martabat kaum wanita serta sebagai implementasi persamaan gender," kata bupati.

Wahid berharap berbagai kegiatan P2WKSS di Desa Bitin khususnya bisa terus bersinergi dengan instansi pemerintah terkait agar terus berkembang meningkatkan taraf hidup keluarga dipedesaan.

"Dengan keterlibatan lintas instansi pada program P2WKSS juga diharapkan mampu memotivasi dan menggerakan pembangunan desa," tandas Wahid.

Pada kesempatan menghadiri evaluasi P2WKSS di Desa Bitin, Bupati HSU meninjau berbagai produk usaha kaum wanita yang dibina melalui program ini, diantaranya usaha pembuatan busana bordir oleh Kelompok Usaha Bersama (KUBE) remaja wanita "Melati" Desa Bitin.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015