Jhonlin Group mengenalkan dunia tambang ke siswa/siswi SMA se Kabupaten Tanah Bumbu melalui program Jhonlin Goes To School  yang dilaksanakan di  Auditorium SMKN 1 Simpang Empat, Rabu (23/2/2022).

Melalui program tersebut Jhonlin menyosialisasikan tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang dirangkai dengan meninjau lokasi tambang atau " mining tour"  bersama  siswa dari tujuh  di Tanbu.

Tujuh sekolah tersebut yaitu  sekolah yakni SMKN 1 Simpang Empat, SMKN 2 Simpang Empat, SMAN 1 Simpang Empat, SMKS Kodeco Simpang Empat, SMKS Bangun Banua, SMKS Tunas Bangsa Batulicin, SMKS Al Hidayah Batulicin

Rangkaian kegiatan sosialisasi K3 dan pengenalan area pertambangan tersebut, diawali dengan induksi kepada peserta mining tour, pemaparan materi seputar K3 di perusahaan dan tambang kemudian penyerahan apresiasi dan kerja sama dalam kegiatan rangkaian  bulan K3 tahun 2022 yakni Mining Tour.

Selain ke lokasi tambang, para siswa juga diajak  kunjungan ke lokasi kerja di PIT Trambesi, penanaman secara simbolis, foto bersama di PIT Bengkiray dilanjutkan dengan kunjungan ke Pelabuhan DSP jetty 1 dan ditutup dengan makan siang di area nursery PT. JB site sungai dua.

Kepala sekolah SMKN 1 Simpang Empat, Amran Ali berharap, kegiatan tersebut bisa menjadi corong informasi kepada masyarakat, bahwa proses pertambangan tidak hanya mengeksplorasi sumber daya alam melainkan ada upaya perbaikan berkelanjutan yang dilakukan perusahaan.

"Kami berterimakasih kepada Jhonlin Group yang telah melaksanakan kegiatan yang sangat baik ini, selain anak mendapat pengalaman baru, mereka dapat menambah wawasan dan pengetahuan langsung dari perusahaan," katanya.

Diharapkan, kegiatan seperti ini bisa berlanjut tidak hanya di sektor pertambangan, tapi juga bisa di pertanian atau bidang lainnya. Karena potensi SDM yang ada di perusahaan khususnya Jhonlin Group sangat mungkin membagikan ilmunya kepada sekolah sekolah yang ada di Tanah Bumbu.

Dokter  Fadly Wirawan menyampaikan,  melalui sosialisasi K3 akan dapat meningkatkan kesadaran siswa-siswi pentingnya memelihara lingkungan.

Kegiatan Jhonlin Group bersama PT Jhonlin Baratama juga dalam rangka memperingati bulan K3 Nasional dengan harapan bisa memberikan wawasan yang lebih luas bagi pelajar -pelajar di Tanah Bumbu tentang dunia tambang , dunia K3LH di pertambangan, dan bagaimana perusahaan mengelola pertambangan dengan cara yang bertanggung jawab melalui proses reklamasi lahan tambang. 

Selain itu, para pelajar yang mengikuti kegiatan ini bisa menjadi duta-duta perusahaan yang bisa memberikan gambaran ke masyarakat luas khususnya di Tanah Bumbu, bagaimana kegiatan pertambangan yang notabene harus merusak ekosistem alam tetapi dengan cara yang bertanggung jawab.

Kegiatan ini juga diharapkan memberikan motivasi dan gambaran kepada pelajar mengenai dunia kerja nantinya di rumah mereka sendiri, di Tanah Bumbu.

Pendamping peserta mining tour dari SMKN 1 Simpang  Empat Eko Wijaya berharap, kegiatan seperti ini bisa berlanjut bahkan pihak perusahaan bisa jadi guru tamu di SMK atau sekolah sekolah yang ada di Tanah Bumbu.

"Kegiatan seperti ini,  dapat memberikan wawasan industri ke peserta didik sehingga mampu meningkatkan kemampuannya  untuk bekerja di perusahaan dengan mengutamakan budaya K3 di dunia kerja.

Siswa SMK Kodeco, Aditya Purnama Putra mengatakan, banyak mendapat pengetahuan dan pengalaman terlebih lagi mengenal langsung dunia kerja. 

Materi K3 saat sosialisasi di SMKN 1 Simpang Empat diantaranya keselamatan dan kesehatan kerja meliputi dasar-dasar K3, Pirakida kecelakaan, penyebab kecelakaan, istilah-istilah dalam K3, higiene dan sanitasi, ergonomi kemudian house keeping, dan 5R (Ringkas, Resih, Rapi, Rawat dan Rajin).

Pewarta: ,

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022