Kotabaru,  (AntaranewsKalsel) - Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, bersama instansi terkait mencanangkan hari bebas kendaraan atau "Car free day" untuk memperbaiki kualitas udara.


Penjabat Bupati Kotabaru H Isra, di Kotabaru, Senin mengucapkan terima kasih sekaligus mengaporesiasi kepada pihak terkait yang turut menyukseskan terselenggaranya kegiatan "car free day".

"Pemkab Kotabaru menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan `car free day` karena banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan ini," terangnya.

Secara berkala setiap Minggu, Pemkab Kotabaru melalui kegiatan "car free day" akan memfasilitasi tumbuhnya beraneka potensi, kreativitas, dan inovasi masyarakat di bidang seni, budaya, olahraga dan kegiatan sosial lainnya.

Isra mengharapkan, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru bisa mengambil bagian dalam mendorong terselenggaranya upaya pemerintah dalam memperbaiki tingkat kesehatan masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Sementara itu, program hari bebas kendaraan atau "Car Free Day" resmi dicanangkan Penjabat Bupati Kotabaru di Traman Siring Laut Kotabaru, antara Jalan Pengeran Indrakesuma Negara dan Agusalim.

Hari bebas kendaraan bermotor merupakan komitmen bersama dari partisipasi masyarakat Kotabaru, pemerintah daerah, Kepolisian dan penggiat usaha.

"Car free day" menjadi salah satu solusi untuk menciptakan kualitas hidup yang sehat, nyaman dan bersih. Dan dalam ajang hari bebas kendaraan di Siring Laut juga bisa dikemas dengan pergelaran seni budaya, olahraga bersama serta jajanan sehat tradisional.

Kegiatan ini juga sebagai upaya bersama dalam mengurangi polusi udara, khususnya yang ditimbulkan oleh pengunaan kendaraan bermotor berupa asap dan limbah yang lainnya.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015