Pengurus Olahraga elektronik (ESI) Hulu Sungai Utara sangat mengapresiasi dan bangga terselenggaranya kegiatan tahunan SMADA Cup 2022 yang turut mempertandingkan cabang olahraga e-sport.

"Dari empat cabang olahraga yang dipertandingkan di SMADA Cup 2022, e-sport salah satunya, bahkan jumlah pesertanya paling banyak," ujar Pengurus ESI Hulu Sungai Utara (HSU) Rezki DP di Amuntai, Selasa (22/2).

Rezki bangga melalui SMADA Cup 2022 merupakan event pertama dan terbanyak para atlet e-sport bisa mengikutinya.

Ia melihat, cabang e-sport semakin berkembang karena semakin banyak peminatnya di HSU apalagi sejak ESI HSU resmi terbentuk dibawah binaan KONI.
 
Para atlet E-Sport Kabupaten HSU dari kalangan pelajar SLTP mengikuti perlombaan di event SMADA Cup 2022, Selasa (22/2/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

'Saya yakin gamer-gamer profesional akan semakin banyak bermunculan di Kabupaten HSU melalui event-event perlombaan olahraga semacam ini," katanya.

Rezki yang juga salah seorang gamer profesional ini berharap SMAN 2 Amuntai menjadi sekolah pelopor dalam pengembangan berbagai cabang olahraga termasuk e-sport.

Apalagi, lanjutnya, SMAN 2 Amuntai, satu dari empat sekolah di Kalimantan Selatan yang menyelenggarakan Kelas Khusus Olahraga (KKO).

Ketua pengurus ESI Kabupaten HSU Muhammad Maulana berterima kasih kepada SMAN 2 karena turut mengembangkan potensi atlet e-sport melelui event SMADA Cup 2022.

"Selaku pengurus ESI HSU kami bangga dengan kegiatan ini,dimana kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama dan terbanyak dilaksanakan," katanya 

Pembina e-sport SMAN 2 Amuntai Hendrik mengatakan cabang e-sport  menjadi salah satu mata pelajaran di Kelas Khusus Olahraga (KKO)  SMAN 2 Amuntai.

"Hal tersebut sebagai sebagai bentuk dukungan terhadap KONI, Pengurus ESI dan peminat e-sport di HSU, kata Hendrik.

KKO SMAN 2 Amuntai yang dibentuk sejak beberapa tahun lalu menyelenggarakan 12 cabang olahraga dan sebanyak 68 siswa yang sedang belajar saat ini.

Plt Kepala SMAN 2 Amuntai Sukiman mengatakan, penyelenggaraan SMADA Cup 2022 dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 28  SMAN 2 Amuntai yang menegaskan posisinya sebagai sekolah pencetak atlet dan mendukung pengembangan olahraga.

"Sekolah kami merupakan mitra KONI dan menjadi sekolah binaan Dinas Pemuda, Olahraga  dan Pariwisata," kata katanya.

Sukiman menginformasikan sudah banyak atlet  dari berbagai cabang olahraga yang mengikuti KKO di SMAN 2 Amuntai sudah meraih prestasi diberbagai kejuaraan olahraga.

Ketua Panitia Adi Fajar memberitahukan sebanyak empat Cabor diselenggarakan pada Kejuaraan SMADA Cup 2022 yakni Atletik lari lima kilometer, e-sport , karate dan futsal.

"Pelaksanaan lomba ini kemungkinan hingga sabtu ini karena untuk lomba Futsal membutuhkan waktu pelaksanaan lebih lama," katanya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022