Sejumlah berita ekonomi dalam sepekan terakhir masih menarik untuk disimak pada Minggu (20/2), mulai dari upaya pemerintah menjaga pasokan minyak goreng hingga upaya untuk melakukan stabilisasi harga kedelai.

 

Berikut rangkuman berita ekonomi sepekan:

Mendag pastikan jajaran jaga pasokan minyak goreng 24 jam

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memerintahkan Tim Kementerian Perdagangan untuk terus melanjutkan pengawasan dan pemantauan lapangan selama 24 jam di seluruh Provinsi agar masyarakat bisa memperoleh minyak goreng dengan harga terjangkau.

"Saya telah memerintahkan Tim Kemendag untuk terus melanjutkan pengawasan dan pemantauan lapangan selama 24 jam di seluruh Provinsi agar tidak ada lagi kendala dan hambatan distribusi minyak goreng yang ditemui di lapangan, dan pasokan minyak goreng dengan harga terjangkau dapat tersedia untuk masyarakat," kata Mendag lewat keterangannya di Jakarta, Jumat.

 

Mendag minta minyak goreng segera dipasok ke pasar rakyat

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meminta distributor segera memasok kebutuhan minyak goreng di pasar sesuai dengan harga yang telah ditentukan seraya mengatakan bahwa tindakan tegas akan diberikan kepada distributor yang tidak mengikuti aturan.

“Saya meminta distributor minyak goreng curah segera menyuplai ke pasar rakyat dengan harga Rp 11.500 per liter. Distributor harus mengikuti peraturan yang telah ditetapkan,” kata Mendag lewat keterangannya diterima di Jakarta, Kamis.

 

Satgas Pangan: Penimbun minyak goreng akan ditindak hukum

Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri memperingatkan para pelaku usaha yang menimbun minyak goreng akan ditindak karena perbuatannya itu melawan hukum dan dapat menyebabkan kelangkaan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyampaikan pelaku usaha yang terbukti melakukan penimbunan dapat kena hukuman pidana penjara maksimal 5 tahun dan denda paling banyak Rp50 miliar sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-perundangan.

 

Mendag siapkan kebijakan untuk antisipasi kenaikan harga kedelai

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyiapkan mitigasi kebijakan untuk mengatasi kenaikan harga kedelai yang tengah terjadi dan akan diumumkan pada minggu depan.

"Sekarang kami sudah menyiapkan mitigasi untuk harga kedelai tersebut. Kami akan putuskan pada kesempatan pertama minggu depan. Nanti akan saya umumkan kebijakannya," kata Mendag lewat keterangannya diterima di Jakarta, Kamis.

 

Pengamat: Pemerintah perlu diversifikasi sumber impor kedelai

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Nisrina Nafisah mengatakan pemerintah perlu melakukan diversifikasi negara pemasok kedelai untuk mengurangi dampak kenaikan harga dan menjaga stabilitas pasokan dan harga kedelai dalam negeri.

"Pemerintah perlu mendiversifikasi sumber impor agar harga dan jumlah pasokan kedelai dalam negeri stabil. Indonesia merupakan negara dengan konsumsi kedelai terbesar kedua di dunia setelah China," katanya lewat keterangannya di Jakarta, Kamis.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022